Ini Tips Agar Tubuh Kita Tetap Fit Selama Berpuasa

Ilustrasi – Tubuh fit (Pixabay)

Ketika kita makan makanan manis terlalu banyak saat puasa, gula darah kita bisa naik dan malah berdampak buruk pada kesehatan kita. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh kita lemas di siang hari

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal.

Saat puasa kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum, yakni 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Daripada makan makanan yang digoreng atau junk food, sebaiknya makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak. Buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.