Inilah Kandungan Buah Apel, Diyakini Bisa Menurunkan Berat Badan

Apel
Kandungan buah apel diyakini bisa menurunkan berat badan. (foto: istimewa)

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu buah apel ukuran sedang yang belum dikupas, sebagaimana dilansir oleh Healthline:

  • Kalori: 94,6
  • Air: 156 gram
  • Protein: 0,43 gram
  • Karbohidrat: 25,1 gram
  • Gula: 18,9 gram
  • Serat: 4,37 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Tetapi, apakah benar buah apel dapat membantu dalam penurunan berat badan? Manfaat apel dalam penurunan berat badan tetap terasa jika dikonsumsi bersama dengan makanan bergizi lainnya, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian selama 12 minggu pada wanita yang mengonsumsi 300 gram apel per hari.

Hasil penelitian ini menunjukkan penurunan berat badan sekitar 1,3 kilogram (kg). Dalam hal ini, mengonsumsi apel bersama makanan sehat dapat mendukung usaha penurunan berat badan.

Baca Juga:  Dengan Maksud Menegur, Perangkat Desa Ini Justru Dikeroyok Pemuda saat Pesta Miras

Namun, mengonsumsi apel secara terpisah tanpa perubahan pola makan lainnya tidak akan berdampak besar pada penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat apel yang dapat membantu dalam penurunan berat badan:

  • Apel rendah kalori: Apel secara alami rendah kalori, dengan kisaran 80 hingga 130 kalori per buah, tergantung pada ukurannya. Selain itu, kandungan gula alami dalam apel dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Apel tinggi serat: Apel adalah sumber serat yang baik yang dapat memberikan rasa kenyang. Satu apel mengandung sekitar 4-5 gram serat, yang menyumbang sekitar 12-16 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Konsumsi apel dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan membantu dalam penurunan berat badan.
  • Apel rendah indeks glikemik: Apel termasuk makanan rendah indeks glikemik, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dikonsumsi. Diet berdasarkan makanan rendah indeks glikemik dapat mendukung penurunan berat badan yang berkelanjutan dan membantu dalam pengendalian nafsu makan.
  • Apel tinggi kadar air: Apel mengandung kadar air yang tinggi, mencapai sekitar 85-86 persen. Kandungan air ini membantu menciptakan rasa kenyang dan menjaga hidrasi tubuh, yang pada gilirannya membantu mengendalikan nafsu makan.
Baca Juga:  Pentingnya Air Minum Bagi Tubuh Dalam Menghadapi Endemi Covid-19

Selain manfaatnya dalam penurunan berat badan, mengonsumsi apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk dukungan untuk paru-paru, jantung, tulang, dan sistem kekebalan tubuh, serta kemampuan untuk meringankan beberapa gejala penyakit seperti Alzheimer dan meningkatkan kesehatan usus. (red)

Baca Juga:  Prihatin, Bupati Cirebon Bantu Renovasi Rumah Kuli Bangunan yang Viral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News