Iriawan Gagas Bangun Gelangang Olahraga Terpadu Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Tak bisa dimasukan dalam nomenklatur Jakarta Palembang Asian Games 2018, membuat Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M Iriawan memutar otak dan berharap agar Jawa Barat kedepan memiliki pusat olahraga terpadu seperti Jakabaring di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

“Secara khusus kami memang bertemu dengan Bapak Erick Thohir, bahwa permohonan maaf kepada masyarakat Jawa barat berkaitan dengan nama nomenklatur Jakarta Palembang Asian Games,” ungkap Iriawan usai Shalat Shubuh di Masjid Al Muttaqin Gedung Sate, Senin (20/8/18).

Dalam pertemuan dengan Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir tersebut, Iriawan pun sempat bertanya kepada Erick Thohir soal tidak tercantumya nama Jawa Barat dalam nomenklatur Asian Games 2018.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Aquarius, Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Baru

“Kenapa tidak ada Jawa Baratnya? Saya bertanya kepada Pak Erick Tohir. Memang dalam panitia Asian Games harusnya satu, seperti Asian Games Seoul, Asian Games Tokyo, Asian Games Bombay. Dua (kota) itu jarang, seperti Jakarta Palembang. Kalau tiga tidak mungkin. Itu nomenklaturnya,” papar Iriawan.

“Kalau di Jakarta memang semua berada di Jakarta, cabornya (cabang olahraga). Palembang pun di Jakabaring, satu kesatuan semua (dipusatkan) di sana (Jakabaring). Kalau di Jawa Barat kan ada di Bandung, Purwakarta, Subang, kemudian Majalengka, Bekasi dan tidak mungkin disebutkan kota semuanya. Jadi, itu kira-kira penjelasan dari Pak Erick Thohir,” jelasnya.

Baca Juga:  Pelaksanaan Komsos kepada Warga di Lokasi TMMD

Alasan itu, Iriawan mempunyai gagasan untuk membuat pusat kawasan olahraga terpadu seperti Jakabaring di Palembang. Iriawan mengaku dirinya akan koordinasi dengan berbagai pihak terkait mengenai rencana itu, serta akan berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

“Oleh sebab itu, berangkat dari pengalaman ini kemarin saya berpikir kenapa kita tidak buat satu gelanggang olahraga yang terkonsentrasi semuanya ada di situ, seperti Jakabaring di Palembang. Kenapa Palembang bisa tapi Jawa Barat belum bisa?” tutur Iriawan.

Baca Juga:  Hari Ke-10 Pencarian Korban Longsor Sumedang, Basarnas Bandung: Fokus Dua Sektor Lokasi

“Padahal Gelora Bandung Lautan Api cukup besar, kemudian Jalak Harupat cukup besar untuk bisa menampung cabor-cabor yang ada, sehingga nantinya kalau mungkin nanti ada Olimpiade kita bisa juga mengusulkan untuk ada nama sedikit satu nama diantara Kota Jakarta yang ada. Itu gagasan saya,” pungkasnya. (Rilis Prov Jabar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat