Jangan Dianggap Enteng, Ini Dampak Serius Akibat Sering Kurang Tidur

Ilustrasi dampak serius akibat kurang tidur
Ilustrasi dampak serius akibat kurang tidur. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Tak sedikit orang terbiasa tidur larut malam dengan alasan memiliki banyak aktivitas yang harus diselesaikan pada saat itu. Namun, tahukah Anda bahwa kurang tidur dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia?

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Idham Choliq menyebutkan kurang tidur dapat mengurangi masa hidup seseorang. Meskipun kebutuhan tidur sering dianggap sepele dan kurang dianggap penting dibandingkan dengan pola makan sehat dan aktivitas lainnya.

Baca Juga:  Persib Berhasil Kikis Jarak Dengan Pemuncak Klasemen Liga !

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan bahwa kurang tidur telah menyebar di seluruh negara industri. Padahal, tidur kurang dari 7 jam per malam memiliki risiko bahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Jangan Dianggap Enteng, Ini Efek Pemanis Buatan bagi Tubuh

Idham menjelaskan pentingnya tidur sebelum tengah malam untuk menjaga kesehatan, atau minimal selama 7 jam. Ia juga menyebut sebuah buku best seller berjudul “Why We Sleep” yang ditulis oleh Ahli tidur, yaitu Matthew Walker, menjelaskan bahwa rutinitas tidur kurang dari enam atau tujuh jam setiap malam dapat merusak sistem imunitas dan meningkatkan risiko terkena kanker menjadi lebih dari dua kali lipat.

Baca Juga:  10 Dampak Buruk Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Termasuk Risiko Kanker