Jangan Dianggap Enteng, Ini Dampak Serius Akibat Sering Kurang Tidur

Ilustrasi dampak serius akibat kurang tidur
Ilustrasi dampak serius akibat kurang tidur. (foto: istimewa)

Idham menjelaskan, kurang tidur juga mempengaruhi kemungkinan terkena Alzheimer pada seseorang. Seperti yang dilansir dari laman UM Surabaya, kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko penyumbatan dan kerapuhan arteri koroner, serta meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, stroke, dan gagal jantung kongestif.

Selain itu, kurang tidur selama satu minggu saja dapat mengganggu kadar gula darah dan dapat dikategorikan sebagai prediabetes atau tanda-tanda awal diabetes.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Melihat konsekuensi tersebut , dapat disimpulkan bahwa semakin sedikit tidur seseorang, semakin pendek masa hidupnya. Oleh karena itu, Idham juga mengingatkan agar seseorang tidak kehilangan tidur, terutama tidur larut malam.

The American Academy of Sleep Medicine dan the Sleep Research Society merekomendasikan kebutuhan tidur selama 7 jam atau lebih untuk orang dewasa.

Baca Juga:  Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga dan Cara Melakukannya dengan Tepat

Idham juga memberikan tips untuk menghindari tidur larut malam, antara lain menghindari minum kafein menjelang tidur, karena bisa mengganggu tidur.

Selain itu, melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti membaca atau melakukan latihan pernafasan, juga dapat membantu.

Baca Juga:  Penting Melindungi Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas, Berikut Langkah-langkahnya

“Membuat dan mengikuti jadwal tidur harian, menyiapkan tempat tidur yang nyaman, serta menjauhkan atau mematikan alat-alat elektronik di dekat tempat tidur” juga sangat penting untuk dilakukan,” jelas Idham. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News