Kapolda Jawa Timur Resmi Dicopot, Terkait Tragedi Kanjuruhan?

Irjen Pol Nico Afinta
Irjen Pol Nico Afinta dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Irjen Pol Nico Afinta resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Pencopotan ini di tengah berlangsungnya penyelidikan kasus tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang oleh Mabes Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen, Pol Dedi Prasetyo membenarkan pencopotan Irjen Pol Nico Afinta sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Pencopotan langsung dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang termuat dalam surat telegram nomor ST/2134/X/KEP/2022 tanggal 10 Oktober 2022.

Baca Juga:  Hari Ketiga Ops Zebra Lodaya, Polres Garut Temukan STNK Palsu

Irjen Nico sebagai Kapolda Jawa Timur memang sempat disorot usai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Sejumlah elemen masyarakat bahkan tak segan meminta Nico Afinta mundur dari jabatannya buntut tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.

Baca Juga:  Trik Mudah Menenangkan Anak Saat Sedang Marah

Namun demikian, Irjen Dedi tak menjelaskan keterkaitan pencopotan Kapolda Jawa Timur ini dengan kasus tragedi Kanjuruhan. Ia hanya menegaskan pencopotan ini hanya mutasi yang bersifat alamiah di tubuh Polri.

Baca Juga:  Indonesia Masuk 5 Terbesar Dunia Pencapaian Vaksinasi Covid-19

“Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ucap Dedi saat dikonfirmasi, Senin (101/10/2022) malam.