Kenali Inilah Perbedaan Gejala Cacar Monyet Sebelum dan Setelah 2022

Ilustrasi cacar monyet (1)
Ilustrasi penyakit cacar monyet yang melanda sejumlah negara. (foto: istimewa))

Gejala Cacar Monyet Sejak 2022

Namun, setelah wabah cacar monyet pada tahun 2022, Dr. Windy menjelaskan bahwa gejala penyakit ini mengalami perubahan signifikan.

“Menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap 185 kasus cacar monyet di Spanyol pada periode 28-14 Juli 2022, terdapat perubahan dalam gejala penyakit,” kata Windy.

Baca Juga:  Waspada! Penularan Cacar Monyet Bisa Melalui Percikan Ludah

Gejala cacar monyet sejak tahun 2022 termasuk lesi yang sangat nyeri sehingga sering disalahartikan sebagai herpes. Lesi juga dapat bergabung menjadi lesi yang lebih besar dan berkonfluens.

Lesi muncul dengan eritema dari tingkat ringan hingga berat, serta pembengkakan akibat penumpukan cairan di jaringan tubuh yang disebut edema. Lesi tambahan yang disebut erupsi makulopapular (bintik merah datar) juga sering muncul, meskipun hanya terjadi pada sekitar 6 persen kasus.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Kota Cimahi Ditargetkan Selesai Bulan November

Area tubuh yang muncul lesi umumnya lebih sedikit, yaitu kurang dari empat area tubuh, dan cenderung berlokasi di sekitar alat kelamin, batang tubuh, dan wajah. Jumlah lesi yang muncul juga lebih sedikit, berkisar antara 20 hingga 25 lesi pada satu penderita.

Baca Juga:  Aksi Perusakan ATM Terjadi di Tasikmalaya, Monitor Pecah Berantakan