Koalisi Cek Fakta Menelisik Akar Masalah Hoaks Melalui Kegiatan FGD

Cek Fakta
Ilustrasi cek fakta. (Shutterstock).

Melalui kegiatan FGD ini diharapkan dapat menggali akar masalah hoaks sekaligus mendokumentasikan potensi dari peserta yang mewakili komunitas dan asosiasi profesi dalam upaya mereka menghadapi hoaks. Lebih jauh Adi berharap dengan diatasinya hoaks di masa Pemilu 2024, maka akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perhelatan politik lima tahunan mendatang.

Baca Juga:  Cek Fakta! Zulhas Dicopot sebagai Ketua Umum PAN karena Melecehkan Shalat

Hal senada diunggkapkan oleh Puji F. Susanti selaku ketua tim Community Outreach Program Cek Fakta Mafindo. Menurut Puji, melalui FGD kita akan memahami dan mengetahui insight langsung dari peserta terkait berbagai isu hoaks yang kerap mereka alami, cara menyikapinya, hingga berbagai pengalaman peserta dalam mengatasi hoaks.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini 9 Oktober 2022, Ada Sesuatu Yang Membuatmu Cemas Capricorn

Pengalaman komunitas dan asosiasi dalam mengantisipasi dan melakukan pencegahan hoaks, dapat dijadikan bahan untuk merancang program edukasi anti hoaks sekaligus membangun strategi pencegahan hoaks yang lebih komprehensif.

Hadir dalam pembukaan FGD, Muhammad Anshari selaku Project Officer program Cek Fakta Mafindo. Menurut Aan, salah satu tujuan diselenggarakannya FGD untuk mengedukasi peserta tentang kerentanan yang ditimbulkan oleh hoaks menjelang, pada saat berlangsungnya Pemilu 2024 maupun setelah dilangsungkannya pesta demokrasi itu.

Baca Juga:  Polri Siapkan Operasi Pengamanan Pemilu 2024, Penyebaran Hoaks Jadi Fokus Utama

Pihak-pihak yang kerap menjadi sasaran hoaks bukan hanya komunitas dari kalangan minoritas, tetapi juga Lembaga penyelenggara dan pengawas Pemilu.