Kwaran Majalengka Adakan Dianpinsat

JABARNEWS | MAJALENGKA – Untuk menyiapkan Pramuka Penegak guna menjadi kader utama pelanjut misi Gerakan Pramuka sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang, Dewan Kerja Ranting (DKR) Majalengka menyelenggarakan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat). Acara digelar pada 2-4 Juni 2018 bertempat di pangkalan SDN Cijati Kecamatan Majalengka.

Ketua DKR Majalengka Ardian Yuliansyah Yahya melalui Ketua Sangga Kerja Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat), Anisa Fauziah menerangkan peserta yang mengikuti kegiatan Dianpinsat tersebut sebanyak 94 orang perwakilan dari tiap pangkalan Penegak, yang ada di Kwarran Majalengka, serta ada juga yang diluar Kwarran Majalengka. Sangga kerjanya terdiri dari anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Majalengka serta perwakilan dari Pangkalan Penegak, sedangkan narasumbernya dari Pusdiklatcab Majalengka.

Baca Juga:  Polisi di Cikalongkulon Cianjur Giat Sosialisasi Kamtibmas, Termasuk Prokes

“Karena pesertanya banyak maka pelaksanaan pemberian materinya, dibagi menjadi dua kelas.

Diharapkan nantinya, setiap peserta yang mengkuti Dianpinsat ini dapat menerapkan ilmu/materinya di pangkalan masing-masing. Supaya dalam kegiatannya berpatokan pada aturan Gerakan Pramuka agar tercipta kegiatan yang benar dan baik,” ungkapnya, Minggu (3/6/2018).

Anisa menambahkan melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas dan kinerja para pemimpin satuan dalam memimpin dan mengelola sangga maupun reka sebagai satuan dalam pramuka.

Baca Juga:  Selama Ramadhan, Sampah di TPAS Burangkeng Tercatat Ada 800 Ton Per hari

Sementara itu Ketua Dewan Kerja Cabang Majalengka Fika DC menyampaikan dalam sambutannya untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka di Majalengka, tentunya kegiatan Dianpinsat Kwarran Majalengka tersebut menjadi sebuah wadah kegiatan yang tepat bagi Pramuka Penegak yang ada di Majalengka.

“Kegiatan ini bertujuan bagaimana mengelola satuan. Dimulai cara mengelola administrasi,dan kegiatan lainnya, supaya benar dan terarah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jangan Sembarangan Konsumsi Miras, Ini Akibatnya

Terpisah, Ketua Kwarran Majalengka, Dudung Rubadi menyampaikan kepada peserta Dianpinsat yang hadir untuk terus semangat dan suskes. Pihaknya berharap supaya anak-anak pramuka dapat lebih aktif mengikuti berbagai kegiatan positif di luar kegiatan pramuka, untuk menambah pengalaman dan wawasan.

“Alhamdulillah, di Kwarran Majalengka, cukup banyak kegiatannya, silahkan adik-adik mencari pengalaman lebih banyak lagi untuk bekal hidup di masa yang akan datang. Giat pramuka penting untuk diikuti,” tandasnya. ‎(Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat