Lapar, Icip Icip Sempolan Yuk

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi anda pencinta kuliner, ada jajanan tradisional unik yang sedang ngehits abis loh. Tahu sempolan ?.

Hmmm…Sempolan adalah olahan dari ikan tenggiri yang digiling kemudian digulung dan ditusuk pada tusukan sate atau lidi lalu dibumbui. Teksturnya kenyal namun renyah diluar.

Jajanan yang sedang populer dikalangan penikmat ini harganya murah meriah, satu tusuk sempolan dibanderol dengan harga seribu rupiah saja namun mempunyai cita rasa gurih dan enak.

Baca Juga:  Tips Agar Hijab Tak Mudah Bau Keringat Saat Panas

Konon kabarnya merupakan makanan berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Eits, tapi untuk kamu yang ada di Bandung tidak usah khawatir, karena kamu bisa menemukannya di daerah Cibiru, tepatnya Jalan Manisi, Bandung Timur.

Mamat, penjual Sempolan mengaku kurang lebih sudah tiga bulan berjualan makanan tersebut. Dan pembelinya selalu banyak, dalam sehari ia menjual sekitar 500 tusuk hanya dalam beberapa jam saja.

Baca Juga:  Setelah Vaksinasi Covid-19 BOR Turun Jadi 63 Persen, Begini Kata Ridwan Kamil

“Buka Jam 3 Sore, Jam 7 sudah habis alhamdulillah,” katanya.

Jika biasanya sempolan dibubuhi dengan saus pedas atau kecap. Berbeda dengan Sempolan milik Mamat, sempolan disajikan dengan pilihan saus asam pedas manis atau mayounes.

Menurutnya olahan sempolan tidak hanya dari daging ikan tapi bisa juga dari daging ayam. Proses pembuatannya pun tidak sulit.

Baca Juga:  Terkendala Transportasi, Polisi di Kabupaten Tasikmalaya Jemput Warga untuk Ikut Vaksinasi Covid-19

Daging ayam atau ikan yang sudah dihaluskan, dicampur dengan tepung tapioka lalu diberi bumbu penyedap. Setelah itu dibentuk dan ditusukan pada lidi atau tusukan sate.

Setelah itu digoreng setengah matang dan dicelupkan pada telur yang sebelumnya sudah dikocok, setelah itu digoreng kembali hingga matang. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat