Manfaat Meditasi, Mengurangi Stres hingga Meningkatkan Ingatan

Manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh
Manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

Berikut beberapa manfaat meditasi jika dilakukan secara rutin:

Mengurangi Stres

Berdasarkan informasi dari sumber kesehatan, meditasi efektif dalam menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol, yang memiliki efek merugikan akibat stres.

Kortisol dapat memicu pelepasan bahan kimia peradangan (sitokin), yang berkaitan dengan gangguan tidur, depresi, kecemasan, tekanan darah tinggi, dan kelelahan.

Baca Juga:  Bau Badan Mengganggu? dr. Clarin Hayes: Hindari Stres

Studi juga mengungkapkan bahwa meditasi memiliki potensi membantu dalam mengatasi masalah seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan stres pascatrauma, serta fibromialgia.

Mengelola Rasa Kecemasan

Sebuah analisis menyeluruh yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menunjukkan bahwa meditasi efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan, terutama pada individu dengan tingkat kecemasan yang tinggi.

Baca Juga:  Polisi Beberkan Hasil Pemeriksaan Ayah yang Potong Kemaluan Anaknya di Tasikmalaya, Terindikasi Stres?

Penelitian ini menemukan bahwa meditasi memiliki kemampuan untuk mengubah gejala kecemasan umum menjadi perasaan yang lebih positif. Dampak positif lainnya meliputi peningkatan rasa percaya diri, pengelolaan respons stres, serta strategi koping yang lebih baik.

Baca Juga:  Bertemu Di Babak Semifinal, Inggris Sudah Kantongi Kelemahan Prancis

Selain itu, meditasi juga membantu dalam mengatasi kecemasan terkait pekerjaan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan, penurunan tekanan, dan pengurangan ketegangan di lingkungan kerja.