Manfaat Meditasi, Mengurangi Stres hingga Meningkatkan Ingatan

Manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh
Manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

Meningkatkan Kemampuan Ingatan Terkait Usia

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beragam teknik meditasi mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, serta kecepatan mental pada kelompok lansia.

Bahkan, meditasi terbukti membantu meningkatkan daya ingat pada pasien dengan masalah demensia, sekaligus membantu dalam mengendalikan stres dan mengoptimalkan strategi koping.

Baca Juga:  Pusat Zakat Umat Berbagi Kebahagiaan Qurban untuk 300.000 Penerima Manfaat

Mendukung Pengelolaan Penyakit

Berdasarkan sumber medis, meditasi memiliki potensi untuk memberikan manfaat pada individu dengan kondisi medis tertentu, termasuk asma, kanker, nyeri kronis, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, sindrom iritasi usus, gangguan tidur, dan sakit kepala tegang.

Baca Juga:  Komnas HAM Tak Setuju Jaksa Agung Larang Terdakwa Kasus Gunakan Peci dan Hijab

Namun, penting untuk diingat bahwa meditasi bukanlah pengganti pengobatan medis, melainkan pelengkap yang mendukung perawatan medis yang sedang dijalani.

Meningkatkan Kemampuan Fokus

Berbagai jenis meditasi memiliki potensi untuk membantu individu membangun kemampuan mengarahkan dan mempertahankan fokus. Menurut penelitian, individu yang secara rutin berlatih meditasi memiliki kemampuan fokus yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya. (red)

Baca Juga:  Menggapai dan Menjaga Berat Badan Ideal: Tips untuk Hidup Sehat dan Bahagia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News