Manfaat Minyak Jarak Mulai untuk Pelembab Alami hingga Penyebuh Luka

Minyak Jarak
Manfaat minyak jarak untuk kesehatan. (foto: istimewa)

Minyak jarak sering digunakan dalam produk kosmetik, seperti losion, makeup, dan pembersih, untuk meningkatkan hidrasi kulit. Namun, Anda juga dapat menggunakan minyak jarak murni sebagai alternatif alami untuk produk pelembab yang mengandung bahan tambahan berpotensi berbahaya seperti pengawet, parfum, dan pewarna.

Mengganti produk-produk tersebut dengan minyak jarak dapat membantu menghindari paparan terhadap zat-zat tambahan tersebut. Selain itu, minyak jarak relatif terjangkau dan dapat digunakan pada wajah dan tubuh.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 15 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Leo dan Virgo

Meningkatkan Penyembuhan Luka

Mengoleskan minyak jarak pada luka dapat menciptakan kondisi kulit yang lembab, mempercepat proses penyembuhan, dan mencegah luka mengering. Beberapa salep yang digunakan dalam pengobatan luka juga mengandung minyak jarak.

Baca Juga:  Siswa SD Cisaat Dilatih PBB oleh Prajurit TNI

Penelitian telah menunjukkan bahwa salep yang mengandung minyak jarak dapat efektif dalam mengobati berbagai jenis luka. Dalam sebuah studi kasus pada tahun 2013, penggunaan semprotan yang mengandung balsam Peru, minyak jarak, dan enzim tripsin berhasil mengatasi luka bedah perut pada seorang pasien berusia 81 tahun yang tidak dapat mentolerir terapi topikal lainnya.

Baca Juga:  Mengingat Macaulay Culkin, Bintang Home Alone yang Beranjak Dewasa

Namun, perlu diingat bahwa perawatan luka menggunakan minyak jarak umumnya mengandung kombinasi bahan, bukan hanya minyak jarak. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya pada luka, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News