Mengenali Gejala Insomnia dan Cara Mengatasinya

Mengenal insomnia dan cara mengatasinya
Mengenal insomnia dan cara mengatasinya. (foto: insomnia)

JABARNEWS │ BANDUNGInsomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur secara adekuat. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan kualitas tidur dan berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Baca Juga:  Keutamaan Puasa Tarwiyah, Ibadah Sunnah Jelang Hari Raya Idul Adha

Secara umum Insomnia dikenal sebagai kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan tidur atau sulit mempertahankan tidur yang cukup. Gangguan ini dapat menyebabkan gangguan kualitas tidur dan berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan individu.

Baca Juga:  Waspada! Inilah Lima Masalah Akibat Sering Makan Larut Malam

Orang yang mengalami insomnia mungkin kesulitan memulai tidur pada malam hari, terbangun secara teratur selama tidur, atau terbangun terlalu awal dan tidak dapat tidur lagi.

Akibatnya, mereka sering merasa lelah, kurang bertenaga, mengalami kesulitan konsentrasi, dan berkurangnya fungsi kognitif.

Baca Juga:  Fit Dance 2017, Berikan Solusi Membentuk Tubuh Ideal Dambaan Para Wanita

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, gangguan emosional, perubahan jadwal tidur, kebiasaan tidur yang tidak sehat, serta kondisi medis atau penggunaan obat-obatan tertentu.