Olahraga Ini Cocok untuk Kesehatan Paru-paru, Lakukan Secara Rutin

Aktif berolahraga diyakini bisa memperpanjang usia (1)
Aktif berolahraga diyakini bisa berdampak baik bagi kesehatan paru-paru. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kualitas udara yang kurang baik dapat berdampak negatif pada kesehatan paru-paru. Untungnya, ada cara yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain dari asupan makanan bergizi, berolahraga rutin seperti berlari bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga:  Sejumlah Pengendara Terjatuh Akibat Oli Tumpah di Jalan Prapatan Rajagaluh

Menurut data Livestrong, berlari dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebersihan, kekuatan, dan efisiensi paru-paru. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ini dapat terjadi.

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa mereka yang berlari selama lima hingga sepuluh menit setiap hari dapat memiliki umur yang lebih panjang.

Baca Juga:  Tiga Ide Merayakan Malam Tahun Baru Bagi Kaum Mager, Salah Satunya Bermain Permainan

Manfaat ini berhubungan dengan peningkatan fungsi organ tubuh seperti tulang, otot, jantung, penurunan berat badan, dan juga kesehatan paru-paru.

Ketika kita berlari, dua organ utama yang memberikan energi pada tubuh kita adalah jantung dan paru-paru. Paru-paru membantu mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada gilirannya membantu membersihkan karbon dioksida.

Baca Juga:  Kapolresta Deli Serdang Ajak Masyarakat Lawan Covid-19