Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Akses Menuju Pelabuhan Patimban Subang, Proyek Apakah Itu?

Pelabuhan Patimban Subang. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan memprioritaskan pembangunan akses menuju Pelabuhan Patimban. Salah satunya adalah pembangunan tol menuju pelabuhan tersebut.

Keputusan tersebut dilakukan dengan alasan fungsi Pelabuhan Patimban untuk penunjang ekspor kendaraan dengan pabrik di sekitar Karawang dan Cikarang.

Baca Juga:  Ini Fakta Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Diketahui, proses ekspor kendaraan saat ini masih melalui jalan nasional. Kondisi itu dinilai tidak cukup kompetitif untuk bersaing dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Jadi kita akan bangun dari Cipali menuju ke Patimban. Ini akan ada dukungan Pemerintah yang kita sudah secure melalui loan,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Bina Marga pada Rabu (14/9/2022).

Baca Juga:  Berikut Besaran Zakat Fitrah untuk Wilayah Kabupaten Subang Tahun Ini

Sementara itu pelabuhan yang masih dalam proses pembangunan tersebut kini telah resmi menjadi salah satu pelabuhan singgah Tol Laut trayek T-3. Peresmian jalur tol laut di pelabuhan ini ditandai dengan pelepasan perdana muatan kapal tol laut KM Logistik Nusantara 4, pada Rabu (14/9).

Baca Juga:  Awasi Masa Kampanye Pemilu 2024, Panwascam Cipunagara Minta Jajaran PKD Bekerja Ekstra