Penderita Asam Urat Dilarang Makan Kacang-kacangan? Begini Faktanya

Jenis kacang-kacangan (1)
Jenis kacang-kacangan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG –    Penderita asam urat sering kali merasa khawatir terkait konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, apakah kacang-kacangan aman untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita asam urat? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita lihat beberapa fakta berikut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Dana 1,4 T Untuk 8 Daerah Atasi Citarum

Ternyata, berbagai jenis kacang-kacangan bukanlah makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat, selama dikonsumsi dalam jumlah yang moderat. Banyak pakar nutrisi bahkan menyebut kacang-kacangan sebagai makanan sehat.

Baca Juga:  Wow.. Mangga Asal Cirebon Ini Harganya Capai Rp. 1 Juta Per Kg

Salah satu alasannya adalah bahwa kacang-kacangan termasuk dalam makanan berbasis nabati yang kaya nutrisi dan rendah purin. Makanan berbasis nabati seperti ini umumnya direkomendasikan bagi penderita asam urat dalam mengelola kondisi kesehatan mereka.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Gemini Hari Ini

Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMSD), pola makan tinggi purin, yang harus dihindari oleh penderita asam urat, terutama berasal dari daging, bukan dari kacang-kacangan.