Polusi Udara Makin Memburuk, Waspadai 3 Penyakit Ini

Waspada terhadap penyakit dampak dari polusi udara-
Waspada terhadap penyakit dampak dari polusi udara. (foto: istimewa)

Sedangkan polutan luar ruangan berasal dari sumber-sumber seperti asap kendaraan bermotor dan emisi industri. Paparan polusi udara berdampak serius pada kesehatan manusia, terutama pada sistem pernapasan, dan termasuk:

Asma

Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang dipicu oleh peradangan pada saluran napas, menyebabkan penyempitan, gejala sesak napas, mengi, dan batuk.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Berlakukan Tilang Uji Emisi Mulai Besok, Segini Dendanya

Asma bisa memicu serangan yang fatal dan berbagai polutan udara dapat menjadi pemicu, termasuk asap, debu, polen, ozon, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida.

PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik)

PPOK adalah penyakit paru-paru kronis yang menyebabkan penyempitan saluran napas yang bersifat kronis dan tidak dapat dibalikkan. PPOK sering disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap polutan udara dan asap rokok.

Baca Juga:  Polda Papua Berikan Trauma Healing Kepada Masyarakat di Wamena

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Selain terkait dengan merokok aktif dan pasif, kanker paru-paru juga dikaitkan dengan paparan polusi udara, terutama partikel debu dan ozon dalam udara.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Hari Ini Momennya Untuk Melangkah

Selain dampak pada sistem pernapasan, polusi udara juga berdampak pada kulit manusia. Kulit manusia tidak tahan terhadap polusi udara dan dapat mengalami kerusakan permanen, termasuk hilangnya kolagen, yang berperan penting dalam menjaga kelembaban dan kekencangan kulit. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News