Ternyata Kuling Kentang Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat kulit kentang bagi kesehatan ternyata begitu beragam. Sayangnya, hal ini jarang diketahui. Jadi kebanyakan orang membuangnya begitu saja.

Sejumlah manfaat kulit kentang bagi kesehatan bahkan bisa mengatasi beberapa penyakit berbahaya. Jadi, hal itu bisa menjadi salah satu referensi obat alternatif yang dapat kalian konsumsi.

Berikut beberapa manfaat kulit kentang bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Hj Siti Mufattahah: PermenPAN RB 36/2018 Zalimi Honorer K2

Pertama. Baik untuk kesehatan jantung – Kulit kentang mengandung antioksidan karena memiliki dua senyawa fenolik dominan, yakni asam klorogenat dan asam galat. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Lebih jauh, kandungan potasiumnya juga baik untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Kedua. Bersifat antibakteri dan antijamur – Adanya kandungan organik terpen dan flavonoid membuat kulit kentang memiliki senyawa antimikroba.

Baca Juga:  Pemilu 2019, KPU Bandung Barat Siapkan 1.000 Orang Pelipat Surat Suara

Selain membantu mencegah infeksi, sifat bakteriostatik itu dapat digunakan dalam industri pengolahan makanan karena membantu melindungi terhadap patogen bawaan dan membantu dalam mengawetkan makanan.

Ketiga. Membantu sembuhkan luka – Kulit kentang dapat bertindak sebagai penyembuh luka alami, serta mencegah pertumbuhan bakteri berlebih di area sekitar luka.

Baca Juga:  Intruksi Jokowi, Menteri PUPR Renovasi Rumah Zohri

Ia memiliki kemampuan untuk menginduksi penyembuhan kulit dengan mendorong pertumbuhan sel dan memberikan kekuatan tarik pada kulit yang terluka.

Keempat. Memiliki sifat antivirus – Tak hanya antibakteri dan antijamur, kentang juga memiliki sifat antivirus terhadap virus enterik. Hal tersebut dimungkinkan karena ia memiliki kandungan asam klorogenat dan caffeic. (Red)