Tiga Tips Belanja Keperluan Rumah Tangga Efektif Dan Tidak Boros

JABARNEWS | BANDUNG – Berbelanja keperluan rumah tangga memang jadi kegiatan rutin sebagian besar keluarga. Tak sedikit orang yang berupaya agar kegiatan satu ini bisa jadi lebih hemat. Namun sayangnya, hanya segelintir orang saja yang mengetahui strateginya.

Umumnya, belanja kebutuhan rumah tangga ini memang disiapkan untuk satu bulan. Akan tetapi, terkadang ada saja hal yang mendadak dibutuhkan sehingga sifatnya jadi sulit diprediksi. Meski ada banyak orang yang sudah berupaya menekan kebutuhan keluarganya masing-masing di tiap bulannya.

Oleh sebab itu berikut beberapa tips Berbelanja keperluan rumah tangga praktis anti boros yakni:

Baca Juga:  Supardi Antusias Menunggu Momen Comeback-nya

Baca Juga: Belanja ke Warung Seberang Rel, Nenek di Tasikmalaya Tewas Tertabrak Kereta Api

Baca Juga: Belanja Subsidi Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara

Pertama. Membuat rencana belanja – Trik pertama yang patut dilakukan adalah membuat rencana belanja secara detail. Hal ini harus dilakukan demi menghindari lupa dan bisa lebih fokus pada barang yang memang benar-benar diperlukan saja.

Baca Juga: Belanja Online Baju Lebaran Di H-10 Hingga H-5 Idul Fitri Ada Subsidi Rp 500 Miliar

Baca Juga: Daun Sukun Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya!

Baca Juga:  Joko Widodo: Keterlibatan UMKM Dalam Industri Otomotif Harus Ditingkatkan

Apabila rencana belanja ini bisa dipatuhi dengan baik, maka tak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia karena melihat barang yang sebenarnya tak perlu.

Kedua. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan – Jangan lupa pula untuk mengklasifikasikan mana kebutuhan yang masuk dalam kategori primer, sekunder, juga tersier. Pastikan telah memenuhi semua kebutuhan pokok atau primer keluarga.

Jika memang masih ada sisa anggaran, maka boleh menggunakan uang tersebut untuk membeli keperluan lain. Intinya, pastikan untuk bertindak bijak dalam membedakan kebutuhan maupun keinginan. Sikap seperti ini penting dimiliki demi menghindari adanya pengeluaran tak penting sehingga bisa lebih hemat.

Baca Juga:  Ratusan Personel TNI Purwakarta Dan Karawang Latihan Pengamanan Pemilu

Baca Juga: Stok Sembako Dipastikan Aman, Warga Kota Bandung Diminta Bijak dalam Belanja

Ketiga. Menawar harga – Umumnya, orang yang hendak membeli keperluan rumah tangga memilih untuk membelanjakan uangnya di pasar tradisional dibandingkan supermarket. Sebab, anggapan harga barang di pasar cenderung lebih murah memang benar adanya.

Dengan demikian, barang yang didapatkan jauh lebih beragam. Bukan itu saja, harga yang berlaku di pasar tradisional bisa ditawar. Tentu saja, hal ini lebih menguntungkan bagi kamu yang sedang berusaha melakukan penghematan. ***