Program Beasiswa Tahun 2023 Mulai S1 hingga S2 Khusus bagi Santri

Program Beasiswa Santri 2023
Program Beasiswa Santri 2023. (foto: istimewa)

Program ini bertujuan untuk menyediakan pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar bagi lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, dan institusi serupa lainnya yang berasal dari Dana Abadi Pesantren.

Berikut ini tata cara pendaftaran Beasiswa Santri 2023, beserta jadwal dan syaratnya:

Cara Daftar Beasiswa Santri 2023

  1. Pesantren mendaftar pada link pendaftaran https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/, dengan memastikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang dicantumkan telah terdaftar pada Kementerian Agama dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.
  2. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Sarjana (S1) dengan memilih nama-nama santri pada satuan pendidikannya sesuai dengan pendataan pada EMIS selama ini.
  3. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mendaftar PBSB program Magister (S2) dengan menginput nama calon pendaftar.
  4. Santri yang telah didaftarkan pesantren akan memiliki akun santri. Pesantren menyampaikan informasi akun santri kepada Santri bersangkutan untuk melengkapi isian formulir dan unggahan dokumen persyaratan.
  1. Santri login aplikasi menggunakan username dan password yang telah diberikan untuk melengkapi form isian dan unggahan dokumen sesuai ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran PBSB online.
  2. Jika santri telah melengkapi seluruh formulir pendaftaran, maka santri dapat mengunduh Kartu Formulir Registrasi.
    Baca Juga:  Ini Panduan Praktis untuk Menyimpan Daging Kurban yang Aman dan Awet