Ragam Manfaat Daun Sirih Cina Yang Jarang Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Daun sirih cina merupakan salah satu jenis rumput liar yang banyak tumbuh di tanah, celah batu, tanah yang tidak terurus, hingga tumbuh di lingkungan hutan. Namun, Dibalik itu ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada banyak manfaat Daun sirih cina bagi kesehatan, diantaranya bisa mengatasi penyakit berbahaya. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui akan khasiat dari tanaman liar ini.

Baca Juga:  Pemulihan Pasca Pandemi, Pemkab Sukabumi Prioritaskan Pariwisata dan Pertanian

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yakni:

Pertama. Membantu Mengobati Kanker – Manfaat daun sirih cina selanjutnya yaitu dapat membantu mengobati penyakit kanker. Rumput liar yang mempunyai daun mengkilap ini telah terbukti mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Daun sirih cina ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri, dan senyawa radikal bebas. Tentunya hal itu bisa menjadikan tanaman ini sebagai obat alternatif.

Baca Juga:  Wisata Kuliner Sentul Bogor, Cocok Untuk Kalian Kunjungi

Kedua. Mengurangi Asam Urat – Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengurangi gejala asam urat. Dari penelitian yang dilakukan pada hewan tikus, tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina menunjukkan penurunan kadar asam urat sebesar 44 % dalam darahnya.

Dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa daun sirih merah mempunyai kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengontrol kadar asam urat dengan efektif.

Baca Juga:  Bawa Narkoba, Pria Asal Simalungun Ditangkap Polisi

Ketiga. Menurunkan Kadar Kolesterol – Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Rebusan yang terbuat dari daun sirih cina, bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Manfaat ini sangat berguna untuk mengurangi kemungkinan resiko terkena serangan jantung, stroke dan penyakit terkait sistem kardiovaskuler lainnya. (Red)