Selain Kaya Antioksidan, Minum Teh Bisa Tingkatkan Kerja Saraf Otak

JABARNEWS | BANDUNG – Teh adalah minumam paling umum kedua yang paling sering dikonsumsi setelah air mineral. Coba sekarang kamu ingat kembali, seberapa sering kamu mengonsumsi teh?

Tanaman teh yang memiliki nama latin Camellia sinensisi telah dipercaya dan dikonsumsi sebagai minuman kesehatan sejak puluhan tahun yang lalu. Untuk membuktikan hal tersebut maka banyak studi yang ingin membuktikan manfaat teh bagi kesehatan.

Baca Juga:  Tak Hanya Sediakan Kopi, Warkop di Tasikmalaya Ini Juga Jual Miras

Faktanya, teh memang merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan. Selain dipercaya memberikan efek relaks, teh ternyata juga berkhasiat meningkatkan kinerja otak. Aktivitas saraf disebut-sebut bakal meningkat sekitar setengah jam setelah minum teh hitam atau hijau.

Baca Juga:  Antraks Bisa Menular, Kenali Ini Gejalanya pada Hewan dan Manusia

Setidaknya, demikianlah hasil penelitian soal teh seperti dikutip dari laman solopos, Sabtu (26/10/2019). Penelitian itu dilakukan oleh sejumlah pakar dari Universitas Newscastle, Inggris. Mereka menyelidiki pola gelombang otak seseorang setelah mengonsumsi teh.

Hasilnya, peneliti menyimpulkan bahwa kandungan flavonoid (antioksidan) dalam secangkir teh memainkan peran penting meningkatkan kinerja saraf otak. Penelitian tersebut dilakukan terhadap delapan orang sukarelawan.

Baca Juga:  Wisata Bendungan Curug Karawang, Cocok Untuk Spot Foto

Pemimpin penelitian itu, Edward Okello, Direktur Eksekutif dari Medicinal Plant Researh Group di Universitas Newcastle mengatakan, teh sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

“Teh memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan perhatian, serta menjernihkan pikiran,” terangnya. (Red)