Setelah Melakukan Donor Darah, Anda Wajib Melahap Makanan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Perlu kita ketahui bahwa saat donor darah, Anda akan kehilangan beberapa mililiter darah dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, untuk menggantikan darah Anda yang hilang, maka tubuh dengan cepat akan membentuk sel-sel darah merah yang baru.

Pembentukan sel-sel darah merah baru tentu membutuhkan banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makanan. Makan makanan seperti di bawah ini setelah Anda donor darah dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh Anda.

  1. Makanan Yang Mengandung Zat Besi

    Zat besi sangat Anda butuhkan setelah Anda melakukan donor darah. Zat besi adalah komponen dalam darah yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dan membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh Anda. Tanpa zat besi, tubuh Anda tidak dapat memelihara atau menghasilkan sel darah merah yang sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi setelah Anda donor darah dapat membantu mempercepat pembentukan sel darah merah baru, sehingga kondisi Anda bisa cepat pulih. Anda bisa mendapatkan zat besi dari bayam, brokoli, kale, sawi hijau, daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Untuk membantu penyerapan zat besi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, brokoli, tomat, paprika, dan lainnya. Penyerapan zat besi yang lebih baik dapat mempercepat produksi sel darah merah.
  2. Makanan Yang Mengandung Asam Folat

    Asam folat atau vitamin B9 juga dapat membantu tubuh dalam menghasilkan sel-sel darah merah baru. Sehingga, makanan yang mengandung asam folat dibutuhkan setelah Anda melakukan donor darah. Anda bisa mendapatkan asam folat dari banyak sayuran hijau, seperti bayam, kale, asparagus, sawi hijau, dan lainnya. Asam folat juga banyak ditemukan dalam hati, kacang-kacangan, dan jus jeruk.
  3. Makanan Yang Mengandung Riboflavin

    Riboflavin atau vitamin B2 berperan dalam produksi sel darah merah dan juga dapat membantu tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Setelah donor darah, tubuh Anda mungkin merasa lemas karena banyak kehilangan energi selama donor darah. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2, tubuh Anda lebih cepat mendapatkan energinya kembali dan Anda tidak merasa lemas berkepanjangan. Anda bisa mendapatkan riboflavin dari telur, daging unggas, kacang-kacangan, bayam, brokoli, asparagus, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Susu dan produk susu, seperti yogurt, juga merupakan sumber riboflavin yang baik.
  4. Makanan Sumber Vitamin B6

    Setelah Anda kehilangan darah, tubuh akan memproduksi sel darah merah kembali. Saat ini, tubuh Anda membutuhkan banyak vitamin untuk membentuk sel-sel darah merah yang baru dan untuk membantu tubuh dalam memecah protein. Nah, salah satu yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam memecah protein, di mana protein sangat dibutuhkan tubuh dalam produksi sel darah merah baru. Jadi, setelah donor darah jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Beberapa makanan sumber vitamin B6 adalah ikan, daging merah, telur, bayam, kentang, pisang, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  5. Banyak Meminum Air

    Ya, Anda membutuhkan asupan air yang banyak setelah donor darah. Minum banyak air diperlukan untuk menjaga hidrasi tubuh Anda dan juga untuk mencegah Anda dari pingsan. Bahkan, minum air yang banyak tidak hanya diperlukan setelah donor darah, tetapi juga sebelum Anda melakukan donor darah. American Heart Association merekomendasikan untuk menghindari alkohol dan meningkatkan asupan air Anda sebanyak 4 gelas selama 24 jam setelah Anda donor darah.

Selain nutrisi penting seperti di atas yang harus Anda konsumsi setelah melakukan donor darah, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi nutrisi berikut ini untuk mempercepat pemulihan kondisi Anda.

  • Makan banyak makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat dan sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah.
  • Konsumsi banyak protein. Protein merupakan unsur penting yang ada dalam hemoglobin, sehingga protein sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah.
  • Selain air, Anda mungkin juga membutuhkan air kelapa. Air kelapa dapat membantu menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh Anda setelah donor darah. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi, seperti kalium.
  • Konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Seperti yang sudah Anda ketahui, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Demikianlah tadi sedikit informasi mengenai beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh Anda setelah melakukan donor darah. Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat terjadi setelah donor darah, ada baiknya Anda mengikuti saran berikut ini, di antaranya:

  • Hindari mengangkat beban berat atau melakukan olahraga berat selama beberapa hari setelah Anda donor darah.
  • Perbanyak istirahat sehingga tubuh Anda tidak mengalami kelelahan. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setelah melakukan donor darah.
  • Jaga perban strip dengan baik selama beberapa jam setelah Anda donor darah.
  • Jika bekas suntikan jarum mulai berdarah, tekan bagian tersebut dan angkat lengan lurus ke atas selama sekitar 5-10 menit atau sampai perdarahan berhenti.
  • Jika Anda merasa pusing setelah donor darah, sebaiknya Anda istirahat sebentar, duduk atau berbaring, sampai Anda merasa lebih baik. Hindari melakukan aktivitas apapun yang bisa menyebabkan Anda pingsan, setidaknya selama 24 jam setelah Anda donor darah.

Semoga informasi di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Taurus, Jangan Kaget Jika Ada Yang Tiba-tiba Meminta Bantuanmu