Kemarau, Peternak Di Majalengka Keluhkan Sulitnya Cari Rumput

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sejumlah peternak kambing dan sapi di wilayah Majalengka bagian utara, kini mulai kesulitan untuk mencari pakan rumput. Setelah dua pekan ini dirasakan, setiap k‎ali mendatangi lahan kebun, semak rerumputan nyaris kering kerontang‎. Sehingga mereka mencarinya ke pinggir-pinggir sungai.

Salah seorang peternak di wilayah Sumberjaya, Iwan membenarkan bahwa kemarau panjang membuatnya kesulitan untuk mendapatkan pakan ternak jenis rumput. Alasannya, hewan kambing lebih menyukai dedaunan hijau seperti rumput sebagai makanannya.

Baca Juga:  Ini Pesan Ketua Dewan Kepada Wali Kota Bandung Yana Mulyana

“Kemarau ini membuat rerumputan hijau, semak-semak mengering. Sehingga membuatnya tidak disukai oleh kambing. Saya dan teman-teman peternak, tetap harus mencarinya, sampai-sampai ke setiap pingir sungai, kami kejar. Karena jika di pinggir sungai, biasanya masih ada tumbuhan hijau,” ungkapnya, Rabu (26/9).

Peternak lainnya di wilayah Jatiwangi, Anto mengatakan hal yang sama. Paska lebaran Qurban, ia sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan rumput hijau. Sebagai alternatifnya, ia selalu menitipkan informasi kepada warga, barangkali ada pepohonan yang mau dipangkas, agar memberitahunya.

Baca Juga:  Pelaku Pembancokan di Pangandaran Ditangkap Setelah 25 Hari Buron, Ternyata Motifnya Ini

“Alternatifnya, dedaunan hijau seperti daun mahoni, daun nangka yang dipangkas juga disukai kambing. Kalau tidak ada itu, sekarang susah nyari rumput hijau, nyaris semuanya kering. Paling-paling yang ada itu di pinggir sungai, itu pun sangat terbatas, karena bersaing dengan pencari rumput lain, yang di belakang rumahnya juga sama-sama memelihara kambing,” ungkapnya.

Akan tetapi, berbeda halnya dengan peternak dari wilayah Kecamatan Palasah, salah satunya, Ayim (59), peternak kambing ini justru tidak kesulitan untuk mendapatkan rumput. Karena meskipun rumput kering, juga disukai oleh kambing peliharaannya.

Baca Juga:  Pedagang Pasar di Purwakarta Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19, Target 2000 Orang

“Sebagian rumput kering, salah satunya jenis rumput kelinting yang melilit di sawah-sawah itu justru sangat disukai oleh kambing. Hanya saja, memang saya akui, semakin hari semakin sulit untuk mendapatkannya, karena setiap hari kita harus selalu mencari rumput untuk pakan kambing,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat