Stroke Bisa Menyerang Usia Muda, Pahami Ini Gejalanya

Penyakit stroke bisa menyerang usia muda. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit stroke kerap diidentikan dengan usia tua. Anggapan itu bukan tanpa alasan. Dulu, penyakit stroke seringkali terjadi kepada mereka yang sudah lanjut usia.

Kini, nyatanya stroke bisa menyerang kepada mereka yang masih berusia muda. Tidak hanya mematikan, penyakit ini juga kerap menyebabkan kecacatan.

Ironisnya, saat ini tidak banyak orang yang sadar mereka berisiko mengalami stroke. Belum lagi, penyakit ini tergolong ‘silent disease’ karena bisa menyerang secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Jangan Sampai Dijerat Hutang, Pinjaman Online Bukan untuk Hal Ini

“Tidak ada tanda-tanda khusus, nggak sama kaya jantung. kalau jantung aja masih ada tanda. sakit dada, sesak, nggak nyaman,” ungkap spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS dikutip dari detikcom.

Salah satu penyebab stoke yang umum terjadi adalah aneurisma. Aneurisma adalah pembesaran atau penonjolan pembuluh darah otak.

Jika pembuluh darah tersebut pecah, pendarahan bisa terjadi sehingga memicu stroke hemoragik. “Kalau aneurisma ada tanda-tandanya. Misal kamu tiba-tiba sakit kepala,” beber dr Rubiana.

Baca Juga:  Jangan Macam-macam Dengan 4 Zodiak Ini, Jika Kamu Tidak Ingin Berusuan dengannya

Beberapa tanda-tanda aneurisma otak pecah antara lain:

– Sakit kepala tiba-tiba

– Leher kaku

– Penglihatan kabur

– Sulit berbicara

– Lumpuh satu sisi badan

– Hilang kesadaran

(red)

 

sumber: detik.com