Tanaman Merambat Yang Indah, Perhatikan Cara Merawatnya Agar Subur

JABARNEWS | BANDUNG – Merawat tumbuhan jenis tanaman rambat sebenarnya mirip seperti merawat tanaman-tanaman lainnya. Tanaman ini tetap memerlukan pupuk, air, media tanam, dan sinar matahari.

Hanya saja karena batangnya yang bertekstur lunak, maka otomatis tanaman ini pun lebih rentan terhadap hama dan penyakit. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman rambat?

Oleh sebab itu berikut beberapa cara merawat tanaman rambat agar indah dan subur yakni:

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Scorpio, Sagitarius dan Capricon: Jangan Cuman Semangat Diawal

Pertama. Sering Dipangkas – Sebagaimana jenis tanaman lainnya, pemangkasan ranting tanaman akan merangsang tumbuhnya tunas baru yang lebih lebat.

Tentunya hal ini sangat dianjurkan mengingat keindahan tanaman rambat juga dipengaruhi oleh rimbunnya dedaunan yang dimilikinya.

Kedua. Pupuk Secara Berkala – Tanaman hias merambat juga memerlukan pupuk sebagai sumber nutrisinya. Selain pupuk kandang dan kompos, anda perlu menambahkan pupuk buatan.

Baca Juga:  Bingung Kreasikan Hijab Untuk Pergi Ke Kantor? Simak Tutorial Berikut Ini

Direkomendasikan memakai pupuk NPK dengan komposisi kadar yang sama. Setidaknya, tanaman diberi pupuk sebulan sekali dengan jumlah yang disesuaikan dengan media tanam dan jenis tanaman yang dirawat.

Ketiga. Sinar Matahari Penuh – Hampir semua tanaman hias merambat sangat menyukai sinar matahari penuh. Inilah sebabnya, warna daun tanaman jenis rambat ini biasanya terlihat hijau pekat.

Sinar matahari juga sangat mempengaruh frekuensi tumbuhnya bunga pada tanaman tersebut. Jadi, pastikan anda menempatkan tanaman di posisi yang tepat ya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Penasaran, Ternyata Ini Sosok Penjaga Gunung Sanggabuana Karawang

Keempat. Petik Bunganya Agar Tak Berbuah – Bagi anda yang memelihara tanaman rambat berbuah seperti semangka, melon, pare, labu, dan markisa, mungkin akan menjadi dilema tersendiri.

Pasalnya, ketika tanaman-tanaman ini sudah berbunga dan berbuah penuh, maka tak lama kemudian batangnya akan menguning dan mati. (Red)