Tiga Penyebab Tubuh Kekurangan Kalium, Diantaranya Karena Diare

JABARNEWS | BANDUNG – Hipokalemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan kalium atau potasium. Kondisi ini dapat dialami siapa saja. 

Penanganan hipokalemia perlu segera dilakukan guna mencegah komplikasi serius, seperti gangguan jantung. Disamping itu kekurangan kalium disebabkan oleh berbagai hal.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab tubuh kekurangan kalium yakni:

Baca Juga:  Ribuan WNI Ramai-ramai Pindah Jadi Warga Singapura, Ada Apa?

Pertama. Diare – Penyebab tubuh kekurangan kalium yang pertama yakni diare. Karena sering mengeluarkan sesuatu dalam tubuh. Hal tersebut menjadi penyebab kekurangan kalium.

Diare merupakan sebuah kondisi ketika pengidapnya buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Selain itu, feses pengidap diare juga lebih encer. 

Baca Juga:  Targetkan Enam Bulan Beres, Ridwan Kamil Siapkan Skenario Vaksinasi Covid-19

Kedua. Keringat berlebih – Penyebab tubuh kekurangan kalium selanjutnya yakni keluarnya keringat berlebih dari tubuh kita. Tentunya hal tersebut bisa menjadi penyebab kekurangan kalium.

Secara umum, berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan luar. Proses ini bekerja dengan cara mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat.

Baca Juga:  Ustad Abu Janda Al Bolliwudi Vs Facebook

Ketiga. Muntah-muntah – Penyebab tubuh kekurangan kalium lainnya yakni muntah-muntah. Hampir sama seperti yang pertama muntah juga mengeluarkan apa yang kita makan secara terus menerus. (Red)