Tumbuh Sebagai Parasit, Ini Manfaat Jamur

JABARNEWS | BANDUNG – Jamur merupakan parasit yang tidak mempunyai klorofil dan bersifat heterotrof, dalam golongan makanan jamur termasuk dalam golongan sayur-sayuran.

Namun, jamur dipercaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu jamur juga rendah akan kandungan kalori serta kaya akan kandungan serat yang baik.

Sayuran jenis satu ini dipercaya juga dapat membantu menurunkan risiko obesitas, diabetes, hingga menjaga kesehatan kulit dengan kandungan antioksidannya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat jamur bagi kesehatan tubuh kita:

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Aries, Taurus dan Gemini

Pertama. Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sayuran satu ini dipercaya bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker hingga penyakit jantung.

Kedua. Baik Untuk Tulang – Kaya akan kandungan Vitamin D jamur dipercaya baik untuk kesehatan tulang, Otak dan fungsi saraf. Meski tak mungkin memenuhi kebutuhan harian vitamin D hanya dengan mengkonsumsi jamur, tetapi tetap makanan satu ini ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin D.

Ketiga. Menurunkan kolesterol tinggi – Kandungan beta glukan, eritadenine, dan chitosan pada jamur juga membantu menurunkan kolesterol. Sebuah studi dilakukan pada orang obesitas yang melakukan diet dengan jamur.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius: Informasi Menarik yang Didapat hari ini Berhasil Meningkatkan Daya Analisismu

Hasil tersebut menunjukkan bahwa jamur bisa kita gunakan untuk mengganti daging selama 3 kali seminggu, dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 8%, mengurangi trigliserida sebanyak 15 persen, hingga menurunkan berat badan sebesar 3,6 persen.

Keempat. Penyedap alami – Orang-orang di bagian negara bagian Barat mengatakan, jamur rasanya umami. Ini kurang lebih berarti gurih. Rasa gurih jamur akan makin meningkat saat mereka dimasak.

Baca Juga:  Jelang Imlek, Pengrajin Dodol di Purwakarta Alami Sepi Pesanan

Karena hal tersebut, jamur sangat cocok dijadikan sayur dan dimakan bersama nasi, dijadikan campuran salad, dan bahkan dijadikan pengganti daging bagi vegetarian.

Kelima. Mudah Kenyang – Jamur merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, juga baik untuk penambah tekstur dan kelezatan ke dalam sebuah hidangan. Satu cangkir jamur putih atau coklat mentah hanya mengandung sekitar 20 kalori dan sekitar dua gram protein.

Penulis: Muhammad Amaludin