Warga Minta Perbaikan Drainase

JABARNEWS | SUBANG – Warga subang banyak yang mengeluhkan drainase tidak berfungsi dengan baik di sejumlah jalan. Sehingga bila turun hujan menyebabkan air tersumbat dan meluap ke badan jalan.

Kejadian ini terjadi hampir di sepanjang jalan raya Jalancagak serta di jalan raya Kasomalang, tepatnya di wilayah Subang Selatan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Drainase jalan di wilayah ini sebagian kurang berfungsi dengan baik. Buktinya bila turun hujan, beberapa ruas jalan banyak yang teredam,” ujar kata Indra kepada Jabarnews, Sabtu (17/3/2018).

Baca Juga:  Wapres Maruf Amin: Potensi Zakat di Indonesia Sangat Besar

Untuk itu, Dia berharap, Pemkab Subang melalui dinas terkait serius menangani persoalan drainase.

“Jalan terendam banjir sangat membahayakan pengguna jalan. Apalagi saat melintas pada malam hari,” jelasnya.

Ditambahkan Eyep (35), tukang ojek yang mangkal di depan pasar Jalancagak mengatakan, saat ini hujan sering turun di wilayah Jalancagak.

Seharusnya pemerintah cepat mengatasi persoalan drainase.

“Saya sebagai tukang ojek, sangat berharap sekali supaya jalan-jalan yang ada di Jalancagak ini tidak ada lagi yang terendam air, soalnya bisa mengganggu para pengendara, terutama pengendara roda dua (motor). Motornya jadi mogok karena kemasuakan air,” keluh Eyep.

Baca Juga:  Sampah Numpuk di Jalan Menuju Wisata, Kadis LH Sergai Salahkan Masyarakat

Sementara itu Agus (49), warga Kasomalang mengatakan, sudah tidak aneh pemandangan seperti itu terjadi di jalan Kasomalang. Meskipun tidak turun hujan, baik lajur kiri maupun kanan, air dari sungai kecil meluap menggenangi jalan.

“Maka perlu diperbaiki dan direnovasi kembali oleh pemerintah. Jika intensitas hujan lebat, dipastikan sebagian jalan yang ada di raya banjir, termasuk ke pemukiman warga,” kata Agus.

Baca Juga:  Perbedaan Seragam Guru Honorer dan ASN Dirasa Diskriminatif

Pantauan Jabarnews Sabtu drainase di kawasan Jalancagak dan Kasomalang, Kabupaten Subang, kondisinya memang banyak yang sudah rusak parah. Hampir di sepanjang kedua ruas jalan raya ini sudah banyak jebol. Akibat jebolnya drainase itu, kerap menyebabkan air tersumbat dan meluap hingga ke badan jalan. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat