Waspada, Inilah 7 Risiko Akibat Sering Tidur Larut Malam

Tidur larut malam
Waspada risiko tidur larut malam. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGTidur larut malam atau kebiasaan tidur malam yang terlalu jauh menjelang pagi, merupakan keadaan di mana seseorang memiliki pola tidur yang terlambat dibandingkan dengan waktu tidur yang dianggap umum atau sehat.

Tidur larut malam merupakan masalah umum yang dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Tidur larut malam ini bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya ritme sirkadian tertunda.

Baca Juga:  Warga KBB Masih Abai Prokes, Bus Ngumbara pun Dikerahkan

Ritme sirkadian merupakan ritme biologis internal yang mengatur pola tidur dan bangun. Beberapa orang memiliki ritme sirkadian alami yang lebih tertunda, membuat mereka lebih cenderung merasa aktif dan terjaga di malam hari.

Baca Juga:  Begini Tips Mudah Meningkatkan Minat Baca Anak

Selain itu faktor lingkungan bisa mempengaruhi pola tidur. Faktor-faktor seperti paparan cahaya terang di malam hari, terutama dari perangkat elektronik, termasuk suhu ruangan, dan aktivitas sosial yang sering terjadi di malam hari dapat mempengaruhi kecenderungan tidur larut.

Baca Juga:  Deretan Keunikan Ikan Arwana Super Red

Tak hanya itu, gaya hidup dan kebiasaan seperti menghindari tidur siang, minum kafein atau minuman berenergi di malam hari, dan rutinitas yang tidak teratur dapat memicu kebiasaan tidur larut malam.