Waspada! Tiga Jenis Makanan Ini Bisa Picu Penyakit Usus Buntu

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau Apendiks yang bisa dialami oleh semua usia. Gejala yang sering dirasakan saat menderita penyakit ini adalah rasa nyeri hebat pada perut.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka bisa membahayakan jiwa, sehingga penting untuk mengetahui penyebabnya. Ada Banyak penyebab terjadinya penyakit usus buntu salah satunya makan yang sering kita konsumsi.

Oleh sebab itu berikut dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis makanan yang bisa memicu penyakit Usus Buntu yakni:

Baca Juga:  Lima Masalah Kesehatan yang Bisa Disebabkan Oleh Bedak Bayi

Pertama. Makanan Rendah Serat – Untuk makanan yang bisa memicu usus buntu yang pertama yakni makanan rendah serat. Seperti, makanan cepat saji yang tinggi karbohidrat namun rendah serat.

Terlalu banyak konsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan risiko radang usus buntu. Selain itu, mengkonsumsi gula dan makanan manis dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko infeksi, termasuk infeksi yang menyebabkan usus buntu.

Baca Juga:  Forum Advokat Laporkan Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang ke Bareskrim

Kedua. Makanan Pedas – Makanan yang bisa memicu penyakit usus buntu yang kedua yakni Makanan pedas, makanan satu ini bisa menjadi pemicu usus buntu. Hal ini dikarenakan biji cabai yang tidak hancur bisa menyumbat usus dalam jangka waktu panjang dan menyebabkan radang usus buntu.

Namun, yang perlu dipahami adalah, makanan pedas bukanlah penyebab utama usus buntu. Makanan pedas seperti cabai, paprika pedas, atau saus sambal bisa memicu kondisi lain yang menyebabkan pencernaan mengalami gangguan, misalnya rasa sakit parah di daerah antara tulang dada dan pusar, disertai dengan mual dan menjadi gejala awal penyakit usus buntu.

Baca Juga:  Pemberian Vaksin Covid-19 Untuk Nakes Cianjur Ditargetkan Rampung Pekan Depan

Ketiga. Makanan yang Mengandung Garam Tinggi – Selain makanan pedas dan rendah serat, Makanan yang mengandung garam tinggi juga ternyata bisa memicu penyakit usus Buntu.

Makanan yang mengandung penyedap rasa serta bumbu instan lainnya, seperti mi instan bisa memicu usus buntu. Ini karena makanan bergaram tinggi bisa menyebabkan iritasi pada usus. (Red)