WHO Nyatakan Status Darurat Covid-19 Berakhir

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Menpan.go.id).

JABARNEWS │ BANDUNG – Status darurat Virus Corona atau Covid-19 resmi berakhir. Hal tersebut ditegaskan langsung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (5/5/2023).

“Dengan harapan besar, saya nyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers WHO, seperti yang dikutip dari The New York Times pada Jumat (5/5/2023).

Baca Juga:  Darma Wijaya Akan Promosikan Wisata Arung Jeram Serdang Bedagai ke Mancanegara

Meski status darurat Covid-19 telah berakhir, WHO tetap mengingatkan masyarakat terhadap ancaman virus corona. Berakhirnya status darurat Covid-19, bukan berarti berarti dunia ini bebas dari virus mematikan tersebut.

Baca Juga:  Hari ini, Para Penumpang Communter Line Mengeluh

Menurut Tedron, virus corona tetap dapat menginfeksi kapan saja, seperti halnya HIV yang tetap ada hingga saat ini. Namun, pencabutan secara resmi status Covid-19 sebagai “darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional” oleh WHO adalah momen penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Baca Juga:  Ini Data Kasus HIV/AIDS di Pangandaran Selama Pandemi Covid-19, Ada Kenaikan?

Pasalnya, selama kurang lebih 3 tahun, masyarakat dunia mengalami kesulitan dalam menjalani pembatasan aktivitas karena status darurat Covid-19. K. Srinath Reddy yang memimpin India’s Public Health Foundation mengatakan, keputusan WHO untuk mencabut keadaan darurat Covid-19 itu tepat.