bjb

Ribuan Besek Bambu Siap Bagikan Daging Kurban

Pembagian daging kurban menggunakan besek. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Sebanyak 2.000 besek yang akan digunakan untuk membagikan daging hewan kurban kepada warga saat Idul Adha telah disiapkan Panitia Masjid Raya Bandung, sesuai imbauan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar lebih ramah lingkungan.

"Alhamdulillah Masjid Raya Bandung sudah ikuti arahan, ada 2.000 besek dari bambu akan dijadikan wadah untuk membagikan daging kurban," kata Gubernur seusai meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Gubernur Emil demikian ia disapa mengatakan DKM Masjid Raya Bandung akan menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Dua sapi di antaranya merupakan titipan dirinya dan Presiden Joko Widodo.

Sapi titipan Emil seberat 652 kilogram, sedangkan berat sapi titipan Jokowi mencapai 950 kilogram. Nantinya, daging hewan kurban tersebut dikemas dengan besek bambu. Selain disarankan menggunakan daun jati dan meninggalkan plastik.

"Menandakan kita ingin berbagi pada momen Idul Kurban kepada masyarakat Jawa Barat. Tidak hanya dibagikan ke Mustahik di daerah sekitar masjid, atau kota Bandung saja, tapi juga ke pelosok- pelosok," kata Emil.

Gubernur Emil berharap Idul Adha dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan semangat pengorbanan.
Baca Juga:

Doa Yang Tertukar..! Sttt Jangan Diributkan

Emil: Optimistis, Atlet Jabar Bawa Pulang Piala Olympic World Summer Games 2019


Selain itu, berdasarkan laporan yang dia terima, jumlah orang yang berkurban di Jabar terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat di Jabar meningkat.

Sebelumnya Ridwan Kamil meminta pemotongan hewan kurban saat Idul Adha tetap ramah lingkungan. Salah satunya adalah mengganti penggunaan plastik untuk membagikan daging kurban dengan besek bambu.

Gubernur Emil menuturkan, sampah plastik kresek khususnya yang berwarna hitam merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan. Ia minta menggunakan besek karena besek merupakan bahan yang bisa didaur ulang. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Idul Adha Shalat Ied Gubernur Jabar Hewan Kurban Jokowi Besek
properti

berita terkait

Sutrisno Nilai Tiga Dapil Ini Lemah Suksesi Jokowi-Ma'ruf

Forum Ulama dan Santri Kota Bandung Dukung Jokowi-Ma'ruf

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi