Hal Yang Mesti Dipertimbangkan Antara Menikah Atau Beli Rumah Dulu

JABARNEWS | BANDUNG – Menikah dulu atau beli rumah dulu? Mungkin pertanyaan ini ada dalam salah satu dari sekian pertimbangan yang Anda rasakan saat ini. Menikah atau membeli rumah keduanya tentu membutuhkan biaya, dimana setiap tahunnya biaya tersebut cenderung selalu naik.

Meski tergolong lama dalam memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua, namun para milenial tetap menyadari pentingnya punya rumah sendiri.

Oleh sebab itu berikut beberapa hal yang mesti dipertimbangkan untuk memilih antara menikah terlebih dahulu atau membeli rumah yakni:

Baca Juga:  Bangun Kota Bandung, Oded-Yana Ajak Diskusi Media

Pertama. Pertimbangkan rencana karir – Jika usia Anda masih tergolong cukup muda, misalnya di bawah 25 tahun, tentunya banyak rencana karir yang ingin dijalankan.

Bila karir terbilang lebih penting dibandingkan menikah dalam waktu dekat, sebaiknya mulailah untuk sekaligus mencicil rumah yang sesuai dengan besaran gaji yang Anda miliki tak cukup untuk membeli rumah, Anda bisa mencicil apartemen.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor, Simak Tipsnya!

Kedua. Pikirkan pernikahan yang sederhana – Sebesar-besarnya biaya pernikahan, tetap tak akan sebesar kenaikan harga properti. Pernikahan dapat dilakukan dengan sederhana, yang penting sah secara agama dan keluarga Anda merestuinya.

Jadi jika Anda belum dikejar oleh umur dan menikah masih bukan prioritas utama, cobalah untuk menyisihkan penghasilan sebagai DP rumah. Minimal ketika Anda menikah, Anda sudah memiliki tempat tinggal.

Baca Juga:  Monitoring Terkini, Pilkada Serentak Kondusif

Ketiga. Pertimbangkan rencana setelah menikah – Bila Anda atau calon pasangan berencana untuk menjadi entrepreneur setelah menikah, misalnya dengan alasan agar memiliki waktu yang fleksibel untuk keluarga, berarti sebisa mungkin mulailah DP rumah sebelum menikah.

Setidaknya rumah yang sudah Anda miliki ketika menikah ini dapat menjadi jaminan jika pasangan atau Anda membutuhkan modal awal usaha Anda. (Red)