Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Naik, DPW APPSI Jabar: Murni Karena Permintaan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok di Wilayah Jawa Barat menjelang lebaran 1442 Hijriah murni karena tingginya permintaan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPW APPSI) Jawa Barat, Nurdin Hidayat, saat ditemui di Purwakarta, Pada Selasa (27/4/2021).

Baca Juga:  Tiang Pancang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Ambruk

Nurdin menyebutkan kenaikan harga pokok tak melulu harus dikaitkan dengan dugaan adanya penimbunan yang dilakukan oleh spekulan.

“Di Wilayah Jawa Barat, menjelang puasa atau lebaran memang akan disertai dengan kenaikan beberapa komoditas karena permintaan. Murni karena permintaan,” tutur Nurdin.

Namun demikian, Ia menyebut stok bahan pokok dipastikan aman hingga lebaran mendatang.

Baca Juga:  Pendiri Rumah Cemara Ginan Koesmayadi Meninggal Dunia

Menurutnya, APPSI Jawa Barat akan terus memantau langsung stabilitas harga bahan pokok dan mengantisipasi spekulan yang melakukan penimbunan bahan pokok.

“Sejauh ini dari hasil pantauan kita termasuk juga koordinasi kerjasama dengan Pemerintah, Satgas pangan dan Bulog. Stok terhadap bahan pokok insya Allah cukup sampai lebaran,” ucap Nurdin.

Baca Juga:  Simpatik, Polres Majalengka Gelar Salat Gaib dan Galang Dana

Soal larangan Mudik, sambung Nurdin, belum terlihat berpengaruh atau tidaknya terhadap pedagang pasar.

“Trendnya bisa berpengaruh negatif atau bisa jadi positif. Mudah-mudahan saja jadi pemerataan ekonomi. Daya beli masyarakat bagus dan pedagang juga terbantu. Kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga harga yang stabil,” harapannya. (Gin)