Inilah Fakta Teh Hijau Yang Mampu Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

JABARNEWS | BANDUNG – Meminum teh hijau dikenal luas bermanfaat bagi kesehatan seperti menjaga berat badan tetap ideal dan membantu proses detoksifikasi. Tetapi, baru-baru ini sebuah penelitian menunjukan bahwa dari beragam jenis teh, green tea atau teh hijau juga memiliki manfaat kesehatan rongga mulut. Terdapat sebuah senyawa dalam teh hijau yang mengendalikan peradangan dan melawan infeksi bakteri.

Berikut di bawah ini adalah fakta teh hijau yang bantu jaga kesehatan gigi dan mulut, diantaranya:

Kesehatan Rongga Mulut

Teh hijau ternyata ampun untuk mengendalikan bakteri dan menurunkan saliva serta plak gigi. Bahkan, dengan senyawa yang ada dalam teh hijau dapat menjadi alat yang berguna untuk mencegah gigi berlubang. Penelitian yang dilakukan di Mesir baru-baru ini menguji para subjek penelitannya sebelum dan sesudah meminum teh hijau. Hasilnya, subjek penelitian memiliki lebih sedikit bakter dan asam dalam mulut setelah membasuh rongga mulut dengan teh hijau. Penelitian tersebut juga mengklai pendarahan pada gusi berkurang dengan teh hijau.

Baca Juga:  Puluhan Napi Sukamiskin Sembuh Covid-19, 14 Orang Masih Positif

Kesehatan Gusi

Teh hijau merupakan salah satu anti-inflamasi alami yang dapat digunakan untuk membantu mengendalikan penyakit periodontal pada gusi. Sebuah survey yang dilakukan di Jepang pada 1.000 pria menemukan bahwa perilaku mengonsumsi teh hijau secara teratur ternyata memiliki gusi yang lebih sehat daripada mereka yang tidak rutin meminumnya. Sebuah penelitian di Jerman membuktikan hipotesisnya pada subjek penelitian yang rutin mengunyah permen karet dengan kandungan ekstrak the hijau.

Kesehatan Gigi

Tidak sedikit jenis minuman yang dapat merusak gigi dan membuatnya berlubang. Tetapi, kandungan zat dari teh hijau justru mampu melawan kuman penyebab gigi berlubang dan penyakit pada gusi. Penelitian di Jepang pada tahun 2010 melaporkan bahwa subjek penelitian yang meminum satu cangkir teh hijau dalam sehari ternyata lebih banyak memiliki susunan gigi yang utuh. Meski demikian, teh hijau yang dicampukan gula tidak bekerja dengan baik dalam rongga mulut.

Baca Juga:  Honda Beat Terperosok ke Lapangan Bola di Sumedang, 3 Orang Tewas

Mencegah Kanker Mulut

Senyawa dalam teh hijau telah diteliti membantu melawan pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker. Antioksidan sangat berperan memerangi radikal bebas dalam tubuh termasuk dalam rongga mulut. Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, ekstak teh hijau diberikan pada pasien penderita kanker mulut yang bereaksi positif memperlambat perkebangan sel kanker.

Baca Juga:  Hanyut di Sungai Sei Berte, Mahasiswi Asal Asahan Ditemukan Tewas

Napas Segar

Apakah teh hijau dapat menyegarkan napas? Jawabannya adalah bisa. Ini dikarenakan teh hijau membunuh mikroba yang membuat mulut berbau tidak sedap. Fakultas Kedokteran Gigi University of British, Columbia telah mengukur tingkat senyawa yang menyebabkan bau mulut. Para subjek penelitian diberikan teh hijau dan zat lain yang membuat napas berubah menjadi lebih segar. Hasilnya, the hijau bahkan lebih unggul dibandingkan minyak biji piterseli dan permen karet. Ini adalah solusi alami untuk mendongkrak percaya diri dengan napas segar.

Itulah tadi beberapa fakta mengenai teh hijau yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari besthealthmag.ca

Jabarnews | Berita Jawa Barat