KA Banjar – Pangandaran Mau Aktif Lagi, Pemkab Antusias

JABARNEWS | PANGANDARAN – Kabupaten Pangandaran saat ini tengah fokus dalam perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Untuk itu, Pemkab berharap jalur lintas kereta api Banjar – Pangandaran  bisa diaktifkan lagi.

Sekda Kabupaten Pangandaran, Mahpud, mengungkapkan, keberadaan jalur tersebut selain untuk penunjang akses, juga untuk pengembangan potensi wisata baru.

Baca Juga:  Siaga Bencana, Tagana Kabupaten Tasikmalaya Datangi Sekolah Ini

“Kebanyakan wisatawan yang masuk ke area Pangandaran ini, masih memakai jalur lintas biasa (jalan raya). Jika KEK itu sudah berjalan, otomatis seluruh moda transportasi harus bisa saling terhubung, termasuk kereta api ini,” katanya, di Jumat (23/3/2018)

“Saya sangat berharap jalur kereta api ini bisa kembali diaktifkan oleh pemerintah pusat. Karena nanti bisa melengkapi Bandara Nusawiru dan pelabuhan perintis yang saat ini sedang kita mulai,” tambahnya.

Baca Juga:  Nasabah Bank Mandiri di Majalengka Resah

Ditambahkannya, Pemkab menjamin keberadaan kereta api di wilayah Pangandaran bisa mendorong potensi ekonomi yang besar terutama dari sektor paririwasata. Sebab, jika dilihat jalur yang membentang dari Banjar ke Pangandaran, memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Baca Juga:  Atap SD 2 Cijolang Ambruk, Siswa dan Guru Terpaksa Mengungsi

“Kalau dilihat kan ada terowongan terpanjang di Indonesia, ada juga jembatan yang memiliki pemandangan laut lepas. Jadi saya kira itu modal besar sebagai kereta wisata atau kereta biasa,” tandas Mahpud. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat