Lebih Bijak! 4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan di Usia 20-an

JABARNEWS | BANDUNG – Berada di usia 20, artinya Anda sudah menginjak usia dewasa dan harus bijak dalam menggunakan uang. Apalagi jika Anda telah memiliki penghasilan sendiri, tidak bergantung lagi dengan orang tua.

Tujuan utama mengatur keuangan adalah untuk kesejahteraan di masa depan. Oleh karena itulah kesalahan seperti ingin ikut gaya hidup teman yang lebih mampu dan belanja berlebihan harus mulai dikurangi.

Bagaimana supaya Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih bijak di usia 20 ini? Ikuti caranya di sini, Cara Bijak dalam Mengatur Keuangan saat Usia 20.

Masih banyak anak muda Indonesia yang masuk di usia 20 tahun buta mengenai bagaimana cara menggunakan uang dengan bijak. Kebanyakan kurang memperhatikan bagaimana kehidupan di masa tua nanti.

Akibatnya perencanaan keuangan yang matang tidak dilakukan. Padahal usia 20 adalah usia yang tepat untuk mulai mandiri. Berikut ini bagaimana cara mengatur keuangan di usia 20 yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga:  Tujuh Pelaku Curanmor di Indramayu Dibekuk Polisi

1. Membuat Rekening Tabungan Pribadi dan Mulai Menabung

Pertama, sudahkah Anda memiliki rekening tabungan atas nama sendiri? Jika belum Anda harus membuatnya. Tujuannya adalah mempermudah transaksi sekaligus menabung. Memiliki rekening sendiri adalah langkah kemandirian yang wajib Anda lakukan.

Setelah itu jangan lupa untuk terus menabung. Di awal Anda mungkin hanya menabung sedikit, tapi tingkatkan jumlahnya seiring berjalannya waktu dan sesuai peningkatan pemasukan. Anda bahkan bisa juga menabung untuk dana pensiun.

2. Membuat Catatan Anggaran setiap Bulan

Keuangan bulanan akan lebih mudah diatur jika terdapat catatan secara terperinci. Catatan ini memudahkan Anda untuk meneliti kembali pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Tujuannya agar Anda tahu apa saja pengeluaran yang ternyata bikin boros.

Simpan nota dan catat semua pengeluaran setiap harinya agar tidak lupa. Pada akhir bulan tengoklah hasil catatan tersebut. Anda akan tahu apa saja pengeluaran yang harus dipangkas karena tidak terlalu penting.

3. Pastikan untuk Melunasi Hutang

Apakah Anda saat ini memiliki hutang baik dengan teman atau kerabat lain bahkan di bank? Sebaiknya mulailah untuk mengalokasikan dana yang masuk pertama kali untuk membayar hutang. Adanya hutang yang menumpuk hanya akan menimbulkan stress dan keuangan kacau.

Baca Juga:  KPK Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Ahmad Heryawan Dalam Kasus Meikarta

Keuangan yang sehat adalah bebas dari hutan sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam menabung. Kartu kredit adalah salah satu jenis pinjaman yang bisa membuat hutang menumpuk. Sebaiknya hindari tawaran kartu kredit di masa mendatang.

4. Mulailah untuk Melirik Investasi

Apabila belum mampu untuk investasi dalam waktu dekat, setidaknya Anda harus tahu apa saja investasi di masa mendatang yang bisa dilakukan. Contohnya saja investasi dalam bentuk deposito ketika tabungan sudah mencukupi.

Ada juga investasi dalam bentuk emas yang cukup aman. Apapun jenis investasinya, Anda bisa membuat daftar dan merencanakannya ketika sudah terbebas dari hutang dan keuangan lebih lancar.

Cara cerdas lain yang bisa mengantarkan Anda pada manajemen keuangan lebih baik adalah menggunakan teknologi digital berupa aplikasi keuangan.Senyumku: Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan.

Baca Juga:  Mahasiswa Lengserkan Plt Kadisdik Garut Djajat Darajat

Mengapa? Pertama, untuk pembuatan rekening Senyumku Anda tidak perlu kesulitan. Cukup dengan menginstal aplikasinya dan mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang tersedia menggunakan data dari KTP Anda. Prosesnya mudah serta cepat.

Kedua, aplikasi ini juga memberikan bunga celengan Senyumku sebanyak 5,5% per tahun yang lebih besar dibandingkan rekening bank lain. Ketiga, Anda yang bingung soal pembuatan catatan keuangan bisa mengandalkan aplikasi Senyumku.

Semua catatan keuangan dari bukti transaksi harian sampai laporan keuangan sudah tersedia. Jadi Anda tak perlu bingung lagi membuatnya, karena semua data sudah tersimpan dengan aman dan mudah diakses.

Tak perlu waktu lama atau menunda lagi untuk menggunakan Senyumku, karena aplikasinya sekarang sudah bisa diunduh di ponsel Anda. (Red)

Sumber:

  • https://cerdasbelanja.grid.id/read/522685294/7-kesalahan-mengatur-keuangan-di-usia-20-an-hindari-sekarang-juga?page=all
  • https://cerdasbelanja.grid.id/read/522685294/7-kesalahan-mengatur-keuangan-di-usia-20-an-hindari-sekarang-juga?page=all
  • https://blog.pluang.com/cerdascuan/anggaran-dan-tabungan/tips-mengatur-keuangan-dengan-cerdas/
  • https://www.parapuan.co/read/532799025/ini-6-tips-mengelola-keuangan-di-usia-20an-agar-tenang-di-masa-depan?page=all