Pancasila Satukan Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Pada apel hari lahir Pancasila Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengimbau agar menjadi sarana merefleksikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Di tengah situasi politik dan keamanan bangsa yang tengah menghangat.

Indonesia memang terdiri dari beragam latar belakang budaya, bahasa, dan agama. Pancasila menjadi salah satu instrumen yang mampu menyatukan kemajemukan.

Baca Juga:  5 Pembobol Bank BRI Ditangkap, 1 Pelaku Warga Bandung

“Presiden mengingatkan dalam amanatnya untuk melupakan berbagai latar belakang kesukuan, latar belakang agama, latar belakang pendidikan maupun politik. Yang harus dijaga bersama adalah persatuan dan kesatuan Indonesia,” tutur Solihin usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Plaza Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Jumat (1/6/2018).

Ia menambahkan, para founding father (bapak bangsa) negara Indonesia juga berasal dari latar belakang yang berbeda, baik suku bangsa maupun agama. Namun mereka tidak pernah mempermasalahkan itu. Mereka mengedepankan kemerdekaan bangsa Indonesia di atas segalanya.

Baca Juga:  Wisatawan Membludak Lagi, Kali Ini di Pantai Karanghawu Sukabumi

“Kita boleh berbeda, tapi kita masih saudara. Yang harus dicari adalah persamaan kita sehingga bisa berprestasi,” tuturnya.

Atas amanat presiden itu, Solihin mengimbau kepada warga Kota Bandung untuk bersama-sama saling menjaga ketertiban dan keamanan. Seluruh umat beragama di Kota Bandung juga harus saling menjaga saat salah satu agama tengah menjalankan aktivitas ibadah.

Baca Juga:  Kapolres Ingatkan Bahaya Hoaks kepada Mahasiswa di Purwakarta

Pada konteks situasi hari ini, Solihin juga berpesan kepada seluruh warga Bandung untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi dari berbagai sumber. Pasalnya, banyak kesalahpahaman yang dimulai dari penerimaan informasi yang keliru. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat