Plt Bupati Intruksikan Pengendalian Stok Dan Harga Sembako

JABARNEWS | SUBANG – Selama beberapa hari di bulan Ramadan ini harga kebutuhan bahan-bahan pokok di pasaran cenderung mengalami kenaikan.

Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mengambil langkah antisipasi agar harga sembako tidak melonjak terus dan menjaga ketersediaan stok, dengan melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait.

“Tentunya harus dilakukan secara bersama-sama dengan kompak, penuh rasa tanggung jawab dibidangnya masing-masing khusus untuk di Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian,” kata Ating, disela-sela acara ramah tamah, Kamis (23/5/2018) sore.

Baca Juga:  BMKG Ingatkan Hujan Lebat Berpotensi Hari Ini, Termasuk di Jabar

Termasuk untuk mempersiapkan pasar murah agar nantinya mampu membantu mengantisipasi kenaikan harga yang sering terjadi jelang Ramadan.

Menurut Ating, salah satu kemampuan Pemkab untuk mengamankan ketersediaan stok barang konsumsi masyarakat jika terjadi kelangkaan.

Baca Juga:  13.173 Hektare Sawah Di Jabar Kekeringan Hingga Gagal Panen

“Iya, persiapan jika harga naik, dengan pemberlakuan operasi pasar atau pasar murah. Perlu ditinjau sejauh ini hal-hal berkaitan ketersediaan stok bahan pokok,” kata Ating.

Kata Ating, agar semua fluktuasi pasar diketahui, pihaknya meminta sejumlah penjelasan kepada pihak terkait, baik itu soal kenaikan harga barang ataupun ketersediaan stok dari bahan pokok yang beredar di pasaran..

Baca Juga:  Masyarakat Dilarang Dekati Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Ia juga meminta SKPD terkait dapat memastikan dan memantau fasilitas umum, seperti listrik agar tidak terjadi pemadaman dan suplai air bersih tetap lancar.

“Tentunya, pemantauan harga ini tidak hanya di tingkatan distributor saja, melainkan hingga ke level agen penjual lainnya,” pungkas Ating. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat