Kisah Kusir Delman yang Nyaris Hanyut Terseret Banjir di Cimahi, Fokus Selamatkan Kuda

JABARNEWS | CIMAHI – Bencana banjir dari luapan Sungai Cigugur di Kota Cimahi pada Selasa 2 November 2021 menerjang sebuah delman beserta sang kusir.

Kusir delman disebut, Ade Irawan (21) menceritakan pengalamannya saat terseret oleh banjir beraliran air yang deras di Cimahi itu.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur sejak sore kemarin membuat sejumlah wilayah di Kota Cimahi diterjang banjir. Di antaranya ialah di Jalan Cigugur dan Jalan Mahar Martanegara.

Baca Juga: Waspada! Sepanjang Tahun Lalu Saja, Setiap Hari di Bandung Barat Ada Kejadian Bencana

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Menanam Sayuran Fumak di Rumah Hingga Merawatnya

Di ruas jalan itulah Ade yang merupakan warga Cimahi Selatan itu nyaris terbawa hanyut oleh derasnya air luapan sungai.

Saat itu, ia sedang melaju dari arah Cigugur Tengah usai mengantar penumpang. Ketika melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP), tiba-tiba air luapan sungai menerjangnya.

“Kejadian pas hujan besar. Waktu itu sama temen, jadi dua delman, pas saya lewat tiba-tiba airnya kenceng,” ujar Ade kepada wartawan, Rabu 3 November 2021.

Baca Juga: Rebutan Kekuasaan, Begini Kronologi Pembunuhan Sadis Preman Pasar Induk Caringin Bandung

Baca Juga:  Polisi Tembak Kawanan Becak Hantu di Medan, Begini Kronologinya

Ketika air bah menerjang, Ade bersama delman beserta kudanya sempat terseret arus air. Beruntung, ada tembok pabrik yang menahannya. 

Sementara delman yang dibawa temannya bisa terhindar dari arus deras banjir, sebab memiliki waktu untuk melepaskan kuda dari delman.

“Kalau saya enggak sempat, jadi terseret. Saya langsung turun, langsung buka tali kudanya buat diselamatkan,” tutur Ade.

Baca Juga: Singgung Salat 5 Waktu, Ade Armando: Banyak Aturan di Alquran Harus Disesuaikan

Setelah kudanya berhasil diselamatkan, Ade langsung menarik rangkaian delmannya. Dia bersyukur masih bisa selamat dari bencana banjir di Cimahi. 

Baca Juga:  Mengenal Roehana Koeddoes, Sosok yang Ditampilkan dalam Google Doodle

“Alhamdulillah selamat. Saya waktu itu fokus menyelamatkan kuda, karena kuda itu punya orang lain, saya cuma jadi kusir delman,” katanya.

Akibat peristiwa itu, untuk sementara waktu dia tak bisa menggunakan delman buat mencari uang. Delman itu mengalami kerusakan, kudanya pun mengalami luka.

Baca Juga: Persib Bandung Belum Terkalahkan, Robert Alberts Sebut Hal Itu Jadi Inspirasi Persela

“Kudanya lecet-lecet, tapi sudah diobati semalam. Sementara saya enggak menarik penumpang dulu, karena harus dibetulkan dulu delmannya,” katanya.***