Ridwan Kamil: Toleransi Beragama, Jaga Keutuhan NKRI

JABAR NEWS | BANDUNG – Hidup ini penuh keragaman bukan keseragaman. Dalam bernegara harus menjaga kesatuan negara Indonesia dan bertoleransi dalam beragama. Karena Negara Republik Indonesia memiliki bermacam-macam suku, ras dan agama.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil yang hadir dalam peringatan hari suci Kuningan Ummat  Hindu di Pura Wira Satya Dharma Yon zipur 9″ Sabtu (15/04/17).

“Saya sudah berkomitmen untuk selalu menjaga kesatuan negara indonesia. Melalui peringatan hari Kuningan  ini saya ingin menyampaikan pentingnya toleransi beragama. Kita hidup di Negara yang bermacam-macam suku, ras dan agama,”ujarnya.

Baca Juga:  Panwaslu Usut Hilangnya Ribuan Surat Suara

Selain itu, Ridwan Kamil menuturkan setiap manusia ditakdirkan mempunyai identitas. Sebuah labelisasi supaya orang bisa memahami siapa dirinya. Namun, identitas bukan untuk alat menyekat, menjelekan dan merendahkan identitas lainnya.

“Kita semua mempunyai identitas, sebagai mahluk hidup kita ditakdirkan memiliki identiras. Identitas saya dilahirkan sebagai orang Islam, dan ada juga yang diberikan identitas sebagai umat kristiani, umat hindu dan umat budha. Namun semua itu bukan menjadi penyekat kita dalam berkehidupan di dunia ini,” tuturnya.

Baca Juga:  Bukit Sampalan Primadona Baru Girimakmur

Ridwan Kamil kemudian berpesan kepada Ummat Hindu yang merayakan hari Kuningan yang berarti memenangkan diri dari kejahatan tersebut untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga Toleransi beragama.

“Saya harap Ummat Hindu meskipun Minoritas tetap menjaga keutuhan NKRI dengan tidak membeda membedakan dan saling menghargai orang lain” tandasnya.

Wali Kota yang sering disapa Emil ini mengatakan, bahwa semua manusia adalah saudara, meski berbeda keyakinan dalam beragama. Semua itu harus disikapi dengan nilai toleransi yang tinggi.

“Jika tidak bisa bersaudara dalam keimanan, tetaplah bersaudara dalam kemanusiaan. Kutipan ini menjadi dasar saya dalam bertoleransi. ” ungkapnya.

Baca Juga:  5 Strategi Ini Dijamin Bikin Karyawan Nyaman Bekerja Dikantor

Ridwan Kamil juga memberikan himbauan kepada semua masyarakat Kota Bandung untuk menerapkan nilai-nilai agama dalam keseharianya, jangan saat beribadah saja.

Rencananya Pemkot Bandung bakal membangun Tambahan pura untuk umat Hindu serta tambahan dukungan dana rutin untuk kegiatan keagamaan hal ini sebelumnya disosialisakan Ridwan Kamil setelah sebelumnya mengadakan pertemuan dengan Parisada  Hindu Dharma Indonesia (PHDI) beberapa waktu yang lalu dan mensosialisakannya melalui akun instgramnya @ridwankamil.(Red)

Jabar News | Berita Jabar