Tiga Cara Ini Bisa Atasi Masalah Keuangan Tanpa Harus Pinjam Uang

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam Kehidupan, sebagian besar orang pastinya pernah mengalami masalah keuangan. Terlebih di masa pandemi karena banyak orang terdampak, seperti berkurangnya penghasilan.

Karena hal tersebut, kamu harus cerdas dalam mengatur keuangan agar cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. dengan beberapa cara yang dapat membantu mempermudah kalian.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi masalah keuangan yakni:

Pertama. Bekerja lembur – Jika atasan memintamu untuk kerja lembur, jangan ditolak. Kerja lembur adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Berencana Buat Gerakan Menabung Air

Misalnya bayaran Rp 20 ribu per jam, dan kamu lembur selama 4 jam. Berarti kamu bisa memperoleh upah lembur sebesar Rp 80 ribu. Lumayan buat beli token listrik.

Kedua. Cari pekerjaan sampingan – Dalam situasi genting terlilit masalah keuangan, tidak seharusnya pilah pilih pekerjaan. Selain pekerjaan utama, kamu perlu mencari kerja sampingan. Apa saja pekerjaan yang bisa kamu lakukan, yang penting halal.

Baca Juga:  PWI Jabar Pertegas Tentang Kualitas Kompetensi Wartawan

Misalnya jadi driver ojek online, jualan online, dagang cilok keliling, kerja bangunan, atau menjual skill dengan bekerja sebagai freelancer. Penghasilan tambahan dari kerja sampingan akan sangat membantu keuangan.

Ketiga. Tagih piutang – Kalau ada beberapa orang yang pernah meminjam uang padamu, tak ada salahnya menagih piutang tersebut. Itu hak kamu, jadi jangan merasa tidak enakan.

Baca Juga:  Masyarakat Dilarang Dekati Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Menagih piutang dapat dilakukan dengan cara baik. Namun kamu harus berlapang dada bila ternyata orang yang kamu tagih, menolak membayar utangnya.

Begitulah risiko meminjamkan uang pada orang lain. Kamu harus siap untuk kehilangan. Karena banyak peminjam saat ini yang lebih galak daripada pemberi pinjaman ketika ditagih. (Red)