Waspada, Tiga Penyakit Telinga Ini Bisa Membahayakan Diri Kalian

JABARNEWS | BANDUNG – Dengan adanya telinga, kita bisa mendengarkan orang lain berbicara, musik, atau keadaan di sekitar. Namun jika telinga mengalami gangguan, maka efektivitas indera pendengaran akan berkurang.

Ada beberapa jenis gangguan atau penyakit telinga yang dapat mengganggu aktivitas, bahkan dapat berakibat fatal apabila tidak ditangani dengan serius. 

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyakit telinga yang berbahaya yakni:

Baca Juga:  Uang Rp350 Juta Tak Jelas, Ratusan Pedagang Datangi Polres Purwakarta

Pertama. Penumpukan kotoran telinga – Kotoran telinga atau biasa disebut serumen adalah zat lilin yang secara alami dihasilkan oleh kelenjar khusus di bagian luar telinga. Zat lilin ini berguna untuk mencegah debu dan partikel kecil lain masuk ke dalam telinga.

Normalnya, kotoran telinga akan mengering dan keluar dari telinga dengan sendirinya. Namun, terkadang kotoran telinga justru menumpuk dan menyumbat saluran telinga. Tentunya hal tersebut bisa berakibat berbahaya.

Baca Juga:  Utang Luar Negeri 357,5 Miliar dolar AS

Kedua. Otitis eksterna – Otitis eksterna adalah infeksi pada telinga bagian luar, salah satunya disebabkan oleh masuknya air ke dalam telinga. Adanya air di saluran telinga ini membuat telinga menjadi lembab, sehingga memudahkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak.

Kondisi ini sering terjadi pada orang yang sering menghabiskan waktu di dalam air, misalnya perenang. Itulah sebabnya infeksi telinga luar disebut juga swimmer’s ear.

Baca Juga:  Deteksi Dini Narkoba, Ratusan Pelajar Di-tes Urine

Ketiga. Kanker Telinga – Penyakit telinga selanjutnya adalah kanker telinga. Kanker telinga lebih banyak menyerang kulit bagian luar telinga. Namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada bagian liang hingga tengah telinga.

Kanker telinga luar biasanya ditandai dengan adanya luka koreng selama bertahun-tahun yang terjadi di bagian luar atau tepi telinga. (Red)