BI Jabar Serahkan Bantuan Container Sayuran Kepada Gapoktan Katata

JABAR NEWS | BANDUNG – Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali memberikan bantuan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Kali ini Gapoktan Katata yang berada di Kampung Cinangsi, Desa Pulo Sari Kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung yang mendapatkan bantuan.

Adapun bantuan tersebut berupa Container Sayuran sebanyak 400 Pcs atau senilai kurang lebih Rp 30 Juta.

Baca Juga:  Tekan Pengangguran, Disnakertrans Purwakarta Gulirkan Sejumlah Program Pelatihan Kerja

“Bantuan tersebut Kita serahkan langsung kepada Ketua Gapoktan Katana yaitu Mochamad Sofyan yang disaksikan anggotanya,” kata Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Jabar, Ismet Isnono, Senin (17/04/2017).

Ismet menjelaskan, bantuan ini merupakan PSBI tematik untuk mendukung pengembangan klaster sayuran bernilai tinggi melalui penyediaan sarana pendukung produksi hasil pertanian.

Baca Juga:  Hidup Sehat saat Pandemi, AQUA Japan Keluarkan Mesin Cuci Berteknologi Canggih

“Sebelumnya Gapoktan ini juga mendapatkan bantuan PSBI di 2016 berupa Handtractor, Rainsheltor senilai Rp 50 juta. Dengan bantuan itu pengolahan tanah yang semula memakan waktu 5 jam/100m2 cukup hanya dengan waktu 1 jam,” jelas Ismet yang saat itu didampingi Manager UMKM BI Jabar Nandang Rudyatna.

Gapoktan Katata merupakan Kelompok Tani yang menghasilkan sayuran 12 komoditi, diantaranya Wortel, Buncis, Tomat, Kentang dan lain-lain.

Baca Juga:  Bibit Hadirkan Solusi Menyimpan Dana Darurat, Ini Fiturnya

Dan yang lebih menariknya lagi Gapoktan ini telah memiliki unggulan sendiri berupa Varitas Wortel sebagai substitusi impor.

“Varitas Wortel mereka telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Singapura dan negara lainnya,” ungkap Ismet. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat