Tekan Pengangguran, Disnakertrans Purwakarta Gulirkan Sejumlah Program Pelatihan Kerja

Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi
Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi. (foto: istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta telah menjalankan sejumlah program pelatihan kerja bagi masyarakat. Sejumlah program pelatihan ini pun telah berjalan dan diikuti oleh sejumlah pencari kerja.

Kadisnakertrans Kabupaten Purwakarta, Didi Garnadi mengatakan, program pelatihan kerja ini disiapkan sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta. Pasalnya, hingga saat ini angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta tergolong tinggi yakni 49.927 orang atau 10,7 persen dari jumlah angkatan kerja.

Baca Juga:  Vivo Siapkan Smartphone 5G Perdana di Indonesia

“Kalau melihat prosentase memang masih cukup tinggi ya. Dari data yang kita punya berdasarkan data BPS jumlahnya sebanyak 438.371 orang Naker. Sementara angka pengangguran dikisaran 10,7 % dari total angkatan tenaga kerja yang mencapai 438.371 atau ada sekitar 49.927 orang Naker yang belum punya pekerjaan tetap (nganggur),” katanya, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga:  Ribut-ribut Jalan Rusak, di Purwakarta Tinggal 15 Persen Lagi

Dikatakannya, terdapat dua jenis pelatihan kerja yang dilakukan yakni dari Disnakertrans Kabupaten Purwakarta dan juga pemerintah pusat.

Adapun program pelatihan kerja dari Disnakertrnas Kabupaten Purwakarta ini mulai dari pengolahan ikan, fillet welder pengelasan, menjahit pakaian dengan mesin, desain grafis madya, perawatan AC split, digital marketing, dan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi.

Baca Juga:  Pemda Diminta Permudah Proses Perizinan di Ciamis, Ini Tujuannya