Breaking News Jabar Di Guncang Gempa Bumi

gempa bumi

JABARNEWS | BANDUNG – wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik sekitar pukul 21:15 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 8.12 LS dan 107.82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km BaratDaya kabupaten Pangandaran pada kedalaman 27 kilometer.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut Pasturi Meninggal Dunia, Polisi Amankan Pengendara Mobil Usianya Baru 23 Tahun

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi lempeng Indo-Australia menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum: Baraya, Lagi-lagi Saya Dibuat Bangga Oleh Pemuda Jawa Barat

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cijulang, Bungbulang dan Garut dengan Skala Intensitas III MMI

Baca Juga:  Gelombang Laut Selatan Capai 6 Meter, Diperkirakan Hingga 31 Januari

(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).