Kota Bandung Terima 25.000 Vaksin Covid-19, Dinkes: Kita Distribusikan Besok

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandung telah menerima 25.000 dosis kedua vaksin Covid-19. Hal ini menegaskan, Kota Bandung sudah siap memproses penyuntikan kedua bagi para penerima vaksin yang telah disuntik sebelumnya.

Seperti diketahui, vaksin Covid-19 yang didistribusikan di Kota Bandung pada 14 Januari 2021 silam merupakan vaksin bertipe single dose. Sesuai prosedur dan ketentuannya, vaksin ini harus diberikan sebanyak dua kali kepada para penerima vaksin.

Baca Juga:  Bisa Hilangkan Strees, Ini Manfaat Memelihara Hewan

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahyani Raksanegara vaksin Covid-19 dosis kedua ini sudah dapat didistribusikan ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ditunjuk mulai Rabu (27/1/2021).

“Distribusi vaksin ini akan kita sesuaikan dengan jadwal pemberian dosis pertama yang telah dimulai dari 14 Januari lalu. Karena ini dosis kedua jadi dijadwalkan tepat 2 minggu setelah pemberian melalui penyuntikan dosis pertama,” tutur Ahyani di Bandung, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga:  BMKG: Hujan Turun Diperkaran Untuk Hari Ini, Termasuk di Jabar

Ahyani menjelaskan, vaksin dosis kedua secara komposisi tidak ada bedanya dengan vaksin yang disuntikan pada dosis pertama. Namun vaksin ini akan melengkapi dosis sebelumnya. Itu pun diberikan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Besok, fasilitas-fasilitas kesehatan sudah mulai dapat mengajukan permohonan vaksin dosis kedua. Sesuai dengan sasaran vaksin yang ada mulai pada 28 Januari,” tambahnya.

Baca Juga:  Waduh! 89,1 Persen Masyarakat Indonesia Masih Konsumsi Air Tidak Aman

Seperti diketahui, hingga Minggu 24 Januari lalu telah ada sebanyak 6.911 Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Kota Bandung telah menerima vaksin. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan jadwal yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. (Red)