Pesan Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad untuk Pemuda Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sumpah pemuda ialah ikrar yang diucapkan pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menggambarkan semangat para pemuda untuk mewujudkan cita-cita terbentuknya suatu negara Indonesia dengan bangsa dan bahasanya.

Mengutip pesan Presiden RI pertama Bung Karno yakni ‘Api Sumpah Pemuda Harus Terus Kita Nyalakan’, dimana pesan tersebut mengandung makna pemuda harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pemuda saat ini harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan, berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan dan golongan,” kata Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi, saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Sabtu (28/10/2019).

Dengan semangat Hari Sumpah Pemuda, kata dia, sudah saatnya generasi penerus bangsa menghentikan segala perdebatan yang mengarah kepada perpecahan bangsa.

“Kita melangkah ke tujuan yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejatinya, semangat untuk senantiasa berbuat terbaik oleh pemuda tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Semangat kebangsaan itu seperti cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, rela berkorban serta pantang menyerah.

“Itu merupakan warisan yang tidak ternilai dari para pahlawan pendahulu bangsa Indonesia. Warisan itu harus bersama-sama dirawat dan selalu dihidupkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Andi.

Danyon menambahkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda bisa dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kecintaan kepada NKRI dan mengisinya dengan kegiatan positif yang bisa membawa bangsa agar lebih baik lagi ke depannya.

“Tetaplah mencintai negerinya, rukun sesama yang lain, bersatu sebagaimana semangat Sumpah Pemuda tahun 1928. Dan yang penting juga, pemuda harus memiliki idealisme dan semangat untuk membikin Indonesia lebih maju lagi dibandingkan sekarang,” kata Andi. (Gin)